2019, Jember Mandiri dan Jember Kota Wisata Berbudaya

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menjelaskan prioritas program pada tahun 2019 adalah Jember Mandiri dan Jember Wisata Berbudaya.

Hal ini disampaikan bupati saat memberikan pengarahan dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Kamis (29/3/2018).

Musrenbang dilaksanakan mulai tingkat desa/kelurahan hingga tingkat kabupaten, bertujuan untuk membahas dan menyepakati pelaksanaan program pembangunan dalam satu tahun.

“Dengan kelengkapan ini dapat menampung keinginan masyarakat dan tugas pemerintah mengarahkan sehingga dapat sesuai dengan RPJMD,” ujar bupati.

Bupati mengungkapkan, pemerintah akan merevitalisasi pasar pasar dan akan bekerja sama dengan pemerintah provinsi sehingga menjadi pasar yang memiliki SNI (standar nasional Indonesia).

Perbaikan jalan terus dilaksanakan dengan memprioritaskan akses menuju tempat wisata, pasar, dan layanan publik.

Pemerintah juga akan merevitalisasi dan menata industri tembakau serta asuransi kerja nelayan.

Sementara itu Kepala Bakorwil V Jember R. Cahyo Widodo SH, M. Hum menyampaikan, kemajuan pariwisata Kabupaten Jember menjadi daya tarik investor untuk ingin berkunjung ke Jember.

Selain pariwisata, usaha pertanian memberikan kontribusi paling tinggi dalam struktur ekonomi Kabupaten Jember, diikuti sektor industri pengolahan, perdagangan, kontruksi.

Sektor informasi dan komunikasi merupakan sektor basis unggulan di Kabupaten Jember, yang memiliki pertumbuhan lebih cepat dengan desian yang lebih tinggi dibanding sektor yang sama di tingkat propinsi.

Sektor transportasi dan pergudangan, real estat, serta jasa perusahaan merupakan sektor prioritas yang dapat dijadikan sektor unggulan, karena memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan sektor lain di propinsi.

Cahyo Widodo mengungkapkan, program Bupati Faida yang bersinergi dengan program pusat pasti akan terlaksana dengan program yang real dari Bupati Faida untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dengan fasilitas yang dikembangkan oleh Bupati Faida maka akan banyak investor yang akan masuk dan pertumbuhan ekonomi akan meningkat,” ulasnya. (izza/*f2)

No Response

Leave a reply "2019, Jember Mandiri dan Jember Kota Wisata Berbudaya"