A VIEW ON THE SPOT ( 5 ICON PALING DIKENAL TENTANG JEMBER )

Jember merupakan salah satu Kabupaten di wilayah Jawa Timur. Meski keberadaanya jauh dari Ibu Kota, tak menjadikan kota ini lepas dari perhatian khalayak karena segala potensi ada di Jember. Hal itu tentu membuat Jember dikenal banyak orang hingga saat ini, baik local maupun Internasional. Dikenalnya Kota Jember tentu tak terlepas dari pandangan khalayak tentang image Jember dari sebuah Icon-nya. Inilah 5 Icon Jember yang paling dikenal banyak orang.

1.     Suwar-Suwir

Suwar Suwir merupakanan makanan khas Jember , dikenal sejak lama, jadi tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa suwar-suwir merupakan salah satu ikon kuliner Jember. Makanan ini dibuat dari bahan tape, gula, dan tepung, kemudian dijemur matahari supaya kering dan tahan lama. Adonannya seperti dodol, tetapi dengan struktur lebih padat. Hanya, saat digigit begitu lembut dan lumer di lidah.Rasanya legit, manis, bercampur kecut. Selintas seperti sedang mencicipi tape. Manisnya pun tak terlalu menggigit. Bentuknya kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini. Warna pun beraneka, mulai dari hijau, coklat, putih, hingga merah. Setiap rasa mempunyai harga yang berbeda-beda.

tustel 7 feb 545

 

2.     Universitas Negeri Jember

Universitas Negeri Jember berdiri pada tahun 1964, Pada awal berdirinya, Universitas Negeri Jrember yang dikenal dengan Unej ini memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Sosial dan Politik , Fakultas Pertanian , Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra.. Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad.Namun seiring berkembangnya zaman, UNEJ turut menunjukkan eksistensinya dengan terus menerus melakukan perbaikan, mulai dari pembangunan gedung, hingga penambahan fakultas yang hingga pada saat ini sudah ada Ada 16 fakultas dan termasuk diantaranya adalah pascasarjana.Unej merupakan salah satu Universitas Negeri di Jember yang paling  banyak diminati para pelajar, baik lokal maupun dari luar kota.Jadi tak heran jika UNEJ juga merupakan salah satu Icon Jember yang paling dikenal banyak orang.

unej

 

3.     Tembakau

Tembakau atau yang biasa dikenal dengan daun emas merupakan salah satu tanaman yang memiliki prospek tinggi dan sangat menjanjikan, hal itu dikarenakan tanaman ini diincar banyak orang. Terlebih tembakau merupakan bahan utama dalam pembuatan rokok, jadi tak heran jika banyak orang yang berbondong – bondong untuk bertanam tembakau. Di Jember, Tanam tembakau dapat tumbuh dengan baik , kondisi wilayah yang sangat mendukung membuat Jember menjadi salah satu kota penghasil tembakau, karena itulah Jember juga dikenal sebagai kota tembakau

IMG_6569 (800x533)

 

4.     Papuma

Pantai Papuma merupakan salah satu pantai unik yang ada di Indonesia. Papuma melengkapi daftar pantai di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya. Bentuk batuan karangnya yang terkadang tak masuk akal tergambar jelas dan menakjubkan bisa anda temukan di Pantai Papuma. Pantai Papuma terletak di desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.Selain itu ,anda juga dapat menikmati sunrise maupun sunset dari pantai ini, tak heran jika banyak para wisatawan yang menyebut papuma sebagai surganya pantai, karena itulah Papuma ini banyak dikenal orang sehingga pantai ini juga menjadi  salah satu Icon Jember

DSC_0364 (800x531)

 

5.     JFC

JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas kali pertama  oleh Dynand Fariz yang juga merupakan pendiri JFC Center . Meski baru , Namun JFC ini telah dikenal hingga mendunia, jadi tak heran jika berbicara mengenai JFC maka orang akan berfikir tentang Jember, Untuk itulah JFC juga merupakan salah satu Icon Jember.

DSC_5782 (800x530)

 

Oleh : Fera Dwi Aprilianti

 

No Response

Comments are closed.