Jember Kota Pandhalungan

A VIEW ON THE SPOT (5 Kue Serba Tape Khas Jember)

Bagi para pecinta kuliner , mungkin tak lengkap rasanya jika masih belum berkunjung ke kota Jember. Salah satu wilayah di Jawa Timur ini, menawarkan begitu banyak makanan khas yang terbuat dari bahan dasar singkong yang akan membuat ketagihan bagi siapapun yang datang dan merasakan kulinernya. Bagi anda yang belum mengetahui, mungkin perlu untuk mencoba kenikmatan kuliner di Jember.Inilah 5 Makanan ter-enak khas Jember.

1.     Suwar-Suwir.

Suwar Suwir merupakanan makanan khas Jember , dikenal sejak lama, jadi tak heran jika banyak orang yang mengatakan ,bhawa suwar-suwir merupakan salah satu ikon kuliner Jember. Makanan ini dibuat dari bahan tape, gula, dan tepung, kemudian dijemur matahari supaya kering dan tahan lama. Adonannya seperti dodol, tetapi dengan struktur lebih padat. Hanya, saat digigit begitu lembut dan lumer di lidah.Rasanya legit, manis, bercampur kecut. Selintas seperti sedang mencicipi tape. Manisnya pun tak terlalu menggigit. Bentuknya kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini. Warna pun beraneka, mulai dari hijau, coklat, putih, hingga merah. Setiap rasa mempunyai harga yang berbeda-beda. Rasa orisinal hanya Rp 15.000 per kilogram. Sedangkan untuk rasa buah bisa mencapai  Rp 20.000 per kilogram-nya.

 2.     Prol Tape

. Singkong yang matang dan berasa manis memang lezat dikonsumsi begitu saja, namun  akan lebih nikmat kalau diolah menjadi kue. Prol tape adalah salah satu contoh hasil olahan tape yang lezat dan banyak diburu orang. Kombinasi tape singkong dan keju parut menjadikan kue ini lebih istimewa. Rasanya yang lezat dan gurih pasti membuat siapa saja yang mencobanya jadi ketagihan.Harganya bervariasi, mulai dari Rp.25.000-Rp.30.000.

 

 3.     Pia Tape

Pia Tape, juga merupakan makanan khas Jember yang bahan utamanya menggunakan Tape, Namun Pia tape menawarkan sensasi tersendiri, Karena olahan bahan tape yang dicampur dengan aneka rasa dan disajikan berbeda ini akan membuat para pecinta kuliner ketagihan.Pia tape dibuat beraneka rasa , mulai dari rasa keju, coklat dan keju, dan masih ada banyak rasa lainnya. Harga Pia Tape berkisar  Rp 13.000 per kotak dengan isi 10 potong pia yang berbentuk kotak selebar 5 centimeter.

 4.     Brownies Tape.

Anda yang gemar makan kue brownies, bisa mencoba untuk mencicipi kue brownies tape yang lezat khas Kabupaten Jember, yang rasanya tidak kalah dengan kue brownies lainnya. Berbagai rasa brownies tape yang kami tawarkan antara lain brownies tape keju, brownies tape coklat kacang dan brownies tape asli. Rasa manis tape singkong membuat sensasi rasa di lidah. Kue brownies tape dengan berbagai rasa tersebut dijual dengan harga Rp20.000 ribu per/kemasan.

 5.     Dodol Tape.

Saat ini tape juga bisa dijadikan makanan dalam  bentuk lain , seperti Dodol Tape. Jika dilihat dari bentuknya mungkin tidak berbeda jauh dengan dodol yang telah ada, namun yang membedakan adalah Dodol tape ini menggunakan “Tape” sebagai bahan baku utamanya.kendati demikian rasanyapun tak kalah enak.Dijember Dodol  Tape  sangat diminati, karena selain harganya yang terjangkau, rasanyapun bikin ketagihan.

No Response

Comments are closed.