Jember Kota Pandhalungan

A VIEW ON THE SPOT ( 5 Usaha Rumahan , Sederhana Tapi Menjanjikan )

Peluang bisnis rumahan saat ini menjadi perburuan bagi banyak orang untuk menambah pundi-pundi rupiah. Biaya hidup yang semakin tinggi, kebutuhan meningkat, dan pendapatan dari gaji yang tidak sesuai dengan kebutuhan menjadi daya dorong tersendiri dan memunculkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan peluang usaha rumahan. Usaha rumahan macamnya, namn dari sekian banyak macam usaha, tentu orang harus memilih usaha rumahan mana yang banyak mendapatkan keuntungan, meski sederhana namun ternyata peluang usaha rumahan ini banyak diminati, terutama kaum ibu rumah tangga. Inilah 5 Usaha rumahan yang banyak diminati orang di Jember :

1.Usaha Kuliner.
Untuk para ibu rumah tangga yang mempunyai bakat dan minat dalam memasak, membuka usaha makanan bisa menjadi alternatife yang baik. Apalagi untuk para ibu rumah tangga yang mempunyai pekarangan rumah yang luas, mereka bisa menyulap pekarangan rumah mereka menjadi rumah makan, selain bisa menghemat biaya karena tidak harus menyewa tempat, keuntungan menjalankan usaha ini juga cukp menjanjikan, jadi tak heran jika di Jember banyak sekali bertebaran rumah makan, mulai dari rumah makan pingiran atau yang biasa disebut wartek hingga rumah makan mewah. Semuanya sama-sama menjanjikan.

2.Pernak-Pernik.
Ada istilah yang mengatakan suatu bisnis akan menjadi sangat sukses apabila bisnis yang digeluti adalah bisnis yang berakar dari hobi. Sepertinya ungkapan itu memang benar adanya, karena apabila kita menjalakan sebuah bisnis yang berakar dari hobi, kita tentunya lebih tahu seluk beluk yang ada didalamnya serta mampu untuk menekuninya lebih serius, karena kita tidak merasa sedang bekerja melainkan sedang melakukan aktifitas kesukaaan atau kegermaran kita. untuk para ibu rumah tangga yang memiliki kesabaran dan ketekunan tinggkat tinggi dalam merajut bisa menjadikan rajut sebagai peluang bisnis dengan membuat berbagai pernak-pernik seperti bros , pita, souvenir, dan pernak-pernik lainnya.

3.Kios Sembako.
Membangun sebuah toko atau menyewa ruang di dalam mall atau pusat perbelanjaan pasti membutuhkan modal yang sangat besar. Selain modal untuk menyewa ruangan kita juga harus memikirkan pengeluaran untuk pengadaan barang dan juga gaji karyawan. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk membuka toko atau kios di depan rumah Anda dimana Anda tidak perlu menyewa ruangan dan juga menggaji karyawan. Kios tersebut tidak harus besar, cukup menyediakan keperluan sehari-hari yang sering dibeli oleh masyarakat setempat, biasanya sembako.

4.Jual Pulsa Elektronik.
Usaha rumahan yang satu ini bisa dibilang usaha yang sangat menyenangkan disamping bisnis ini tidak mengenal musim sebagai contoh tidak seperti usaha penjualan es yang hanya akan laku keras pada musim kemarau atau cuaca panas saja. Selain itu usaha pulsa elektronik merupakan bisnis rumahan dengan modal kecil dan tidak memerlukan tenaga extra untuk menjalankannya, yang dibutuhkan hanya handphone untuk mengirim pesan saat melayani pelanggan. Tak hanya itu saja, pekerjaan yang satu ini bisa dilakukan sambil mengerjakan tugas sebagai ibu rumah tangga jika usaha ini dikerjakan di dalam rumah sendiri.

5.Usaha Gorengan.
Untuk para ibu rumah tangga yang punya hobi berkutat didapur dengan urusan masak-memasak, gorengan tentu bukanlah hal yang baru dan hal yang sulit untuk dikerjakan. Oleh karenanya para ibu rumah tangga usaha gorengan akan menjadi peluang bisnis rumahan yang menguntungkan dan tidak menyita terlalu banyak waktu dan tenaga. Gorengan seperti; tahu, tempe/mendoan, ubi, singkong atau mungkin fried chicken bisa menjadi pilihan yang baik karena selain harganya yang terjangkau dan mudah didapat, pegerjaannya juga tidak memakan banyak waktu. Untuk penjualannya sendiri, apabila lokasi rumah dekat dengan jalan raya atau jalan utama bisa menjajakanya dihalaman rumah atau bisa dititipkan diwarung-warung makanan yang ada didekat rumah.

Oleh : Fera Dwi Aprilianti.

No Response

Comments are closed.