Ada Kekuatan 4 C di Jember

662 views

Pemerintah Kabupaten Jember dibawah kepemimpinan dr. Hj. Faida, MMR., – Drs KH Abdul Muqit Arief menggaungkan 3 B dalam menggerakkan roda pemerintahan.

Menurut Bupati, 3 B ini menjadi kekuatan tersendiri dalam menegakkan prinsip pemerintahan yang baik dan bersih.

“Kekuatan Jember itu bukan cuma 3 B seperti yang dibilang bupati selama ini. Kalau 3 B itu kan Baik tujuannya, benar hukumnya, betul caranya,” kata Bupati, Jumat malam (22/12/2017).

Ada kekuatan lain selain 3 B. “Tapi Jember juga terkenal dengan 4 C,” ujar Bupati saat pidato pembukaan Pagelaran Seni Budaya Pandhalungan di Lapangan Kemiri, Kecamatan Panti.

Empat C itu melekat dalam diri Jember. “Kalau bicara Jember tidak lepas dari Coffee (Kopi), Cacao (Kakau), Cigaret (rokok), dan yang keempat adalah Culture atau budaya,” terang perempuan pertama Bupati Jember ini.

Budaya yang ada di Jember dikenal dengan Pandhalungan, sebuah budaya hasil akulturasi dari berbagai budaya dari masyarakat yang ada di Jember.

Kepala Dinas Pariwisata Arief Tjahyana mengatakan, pagelaran seni budaya Pandhalungan digelar di enam tempat mengikut pembagian daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilu Legislatif.

“Pagelaran seni budaya Pandhalungan tahun 2017 ini dalam rangka mewujudkan Jember sebagai Kota Wisata Budaya,” jelas Arief.

Enam tempat penyelenggaraan Pagelaran Seni Budaya Pandhalungan itu yakni di Desa Kemiri Kecamatan Panti untuk Dapil 1 pada 22 Desember 2017.

Dapil 2 di Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, pada 24 Desember, Dapil 3 dilaksanakan di lapangan Sukorejo, Kecamatan Sumbersari pada 25 Desember.

Pelaksanaan di Dapil 4 di Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung pada 26 Desember. Di Dapil 5, pagelaran dilaksanakan di Desa Grenden, Kecamatan Puger pada 27 Desember.

Pada hari berikutnya, 28 Desember, pagelaran terakhir di Dapil 6 di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul.

Selain pagelaran seni dan budaya, momen di Lapangan Kemiri juga diisi dengan pameran produk lokal dan kuliner unggilan daerah setempat.

Juga pemberian hadiah pemenang lomba mewarnai tingkat TK dan SD. Lomba ini sebelumnya telah digelar, dengan mengangkat tema Jember Pandhalungan.

Tidak ketinggalan, aksi kemanusiaan dengan memberikan bantuan kepada lansia dan kaum dhuafa, serta bantuan hibah barang kepada kelompok masyarakat bidang kesenian dan kebudayaan. (*f2)

 

 

No Response

Comments are closed.