Agar Juara Dunia, Latih Atlet Sejak Dini

539 views

Pelatih Timnas U 19 Indra Sjafri menekankan pentingnya melatih atlet sejak dini agar Indonesia bisa menjadi juara dunia.

Hal itu disampaikan dalam sambutan di Coaching Clinic di Balai Serba Guna Kaliwates, Jumat (20/10/2017), yang diikuti ratusan guru olahraga, pelatih sekolah sepak bola, serta atlet se-Kabupaten Jember.

“Untuk menjadi juara dunia, kita tidak bisa lagi bicara tim di atas usia 20 tahun. Tapi harus dimulai sedini mungkin,” ujarnya.

Materi yang diberikan saat usia dini yakni basic skill. “Bagaimana mengontrol bola, menggiring bola, dan mendribbing bola,” ungkap Sjafri.

Selanjutnya adalah basic fisik, yang meliputi lari dan melompat. Dasar kemampuan yang perlu diajarkan kemudian yakni taktikal. Dasar ini meliputi taktik individual, grup, dan tim.

Tidak kalah penting adalah dasar mental. “Attitude harus diberikan sedini mungkin. Nilai nilai kehidupan harus diberikan, ” tutur Sjafri.

Dasar mental ini diantaranya untuk menghargai diri sendiri, pelatih, guru, dan orang lain.

Peristiwa pemain saling memukul maupun memukul wasit menjadi sesuatu yang tidak perlu terjadi, bila dasar mental telah terbentuk. “Ini juga menjadi tanggung jawab guru olahraga,” ujarnya.

“Jika ada pemain Timnas U 19 mengecat rambutnya maupun memakai anting-anting langsung saya coret dari daftar pemain,” tegasnya.

Setelah memberikan sambutan, Indra Sjafri memberikan pelatihan teknik menendang bola, passing, dan dribbing. Peserta coaching tecnic tampak antusias.

“Saat kita mau menendang bola masuk ke gawang, apa yang kita lihat : bola atau gawang,” tanya Sjafri. (*f2)

No Response

Comments are closed.