Akademi Kebidanan DR. Soebandi JEMBER


PROFIL AKADEMI KEBIDANAN DR.SOEBANDI JEMBER

2.1  Sejarah Singkat Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember

Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember hadir sebagai solusi/alternatif bagi masyarakat Jember dan sekitarnya, yang ingin mengikuti Pendidikan Kebidanan untuk menjadi bidan yang professional. Mengingat sejarah Kabupaten Jember yang dikenal sebagai Pusat Pendidikan Kebidanan di Jawa Timur bagian timur dan sekitarnya, dimana pada tahun 1966 berdiri pertama kali Sekolah Kebidanan yang bernama Sekolah Bidan dr Soebandi Jember, namun dalam perkembangannya pada tahun 2003 penyelenggaraan Pendidikan Kebidanan tersebuttidak terpusat di Kabupaten Jember. Oleh karena itu Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember ingin berperan serta mengembalikan nama besar Kabupaten Jember sebagai Pusat Pendidikan Kebidanan.

Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember merupakan salah satu Peguruan Tinggi Swasta di kota Jember, yang merupakan lembaga pengelola pendidikan  DIII Kebidanan dengan jangka waktu tempuh 6 semester. Pendirian lembaga Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember ini dibentuk oleh Yayasan Nasional Amanah Bangsa diawali dari keprihatinan atas fenomena menjamurnya pendirian Akademi Kebidanan baru khususnya di Kabupaten Jember pada awal tahun 2007.

Dengan pertimbangan potensi yang dimiliki oleh Komunitas dosen Prodi Kebidanan Jember dan juga alternatif pilihan bagi masyarakat Jember dan sekitarnya yang ingin melanjutkan studinya pada Akademi Kebidanan, maka disepakati untuk ikut berkiprah dan berpartisipasi dalam dunia pendidikan kebidanan swasta, yang secara rinci dan runtut untuk mewujudkan hal tersebut ditempuh langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pada tanggal 20 Mei 2008 diadakan rapat komunitas dosen Prodi Kebidanan Jember, tujuannya adalah pendirian Yayasan dengan nama Yayasan Pendidikan dr. Soebandi Jember dan penggalangan dana berupa saham.
  2. Tanggal 16 Agustus 2008 dilakukan kontrak kerjasama dengan Yayasan Bina Husada dengan kesepakatan .
  3. Tanggal 20 Maret 2009, Dirjen Dikti menutup usulan pendirian perguruan tinggi program studi keperawatan dan kebidanan di seluruh Indonesia. ( Permohonan usulan ijin pendirian Akbid dr Soebandi yang dikirim tanggal 10 Maret 2009 ditolak oleh Dirjen Dikti)
  4. Mendapat informasi bahwa ada ijin Akbid Bengkalis Negeri di Duri Medan ditawarkan untuk bisa alih kelola. Karena Yayasan Pendidikan dr Soebandi Jember belum terdaftar di Dep Hukum dan Ham, maka dilakukan alih kelola Yayasan, yaitu Organ Yayasan (Pembina, Pengurus dan Pengawas) Yayasan Nasional Amanah Bangsa yang dari Medan dihadapan Notaris diganti Organ Yayasan dari Jember.
  5. Sesuai dengan Prosedur, petunjuk dan saran dari Dikti, Ketua Yayasan Nasional Amanah Bangsa yang baru melakukan langkah-langkah untuk mengusulkan pindah lokasi  dan ganti nama atas Akbid Bengkalis Negeri di Duri Medan diganti menjadi Akbid dr Soebandi Jember di Jember.
  6. Tanggal 12 Juni 2009 Badan PPSDM menutup sementara penyelenggaraan pendidikan kesehatan milik Pemda/Propinsi/Kab/kota dan TNI/Polri pada tahun akademik 2010/2011 untuk tidak menerima Mahasiswa Baru.
  7. Tanggal  4 Agustus 2009, Ijin Operasional Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember turun (Ijin Mendiknas RI) dengan Nomor :122/D/O/2009.

Dalam perkembangannya, setelah tiga tahun berdirinya Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember, telah berdiri pula Stikes dr Soebandi yang merupakan lembaga pengelola pendidikan S1 Keperawatan dan pendidikan DIII Kebidanan dengan Ijin Mendiknas RI Nomor : 74/P/0/2009.

 

2.2  Lokasi Lembaga

Akademi Kebidanan dr Soebandi Jember pada saat ini berlokasi di jalan Cendrawasih No 2 Jember, Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Pada  pertengahan tahun 2012 ini akan dibangun gedung Stikes dan Akbid dr Soebandi Jember di jalan dr Soebandi No 99 Jember .

 

1.1      Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

VISI

Menjadikan Akademi Kebidanandr. Soebandi Jember sebagai Pusat Pendidikan Bidan yang mempunyai keunggulan di Bidang Entrepreneur dan menolong persalinan  dengan rasa nyaman di tingkat Nasional.

Misi Program Studi

  • Melaksanakan pembelajaran Ilmu Kebidanan yang terkini dengan selalu mencari informasi dari program pemerintah dan Stakeholderss dengan cara mengadakan pertemuan dengan Stakeholdersssetidaknya 6 bulan sekali.
  • Melaksanakan penelitian yang berdaya guna sesuai dengan bidang keahlian dan profesi.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Bidang Kebidanan.
  • Memberi pelayanan prima kepada civitas akademika dan alumni dengan pendekatan humanisme.
  • Menjalin hubungan ilmiah dengan komunitas kebidanan Nasional dan Internasional.
  • Memberikan kompetensi khusus kepada mahasiswa yaitu pertolongan persalinan dengan rasa nyaman, Entrepreneurship, English Course dan English Hour .
  • Meningkatkan kemampuan dan mutu kinerja dosen serta tenaga kependidikan melalui pelatihan, seminar, workshop, pendidikan berkelanjutan dan pembinaan khusus.

 

 

Tujuan Program Studi

  • Menghasilkan bidan yang mempunyai kualitas keilmuan yang standart sesuai dengan Standar Asuhan Kebidanan dan terkini.
  • Menghasilkan bidan yang mampu membaca, melakukan, menerapkan penelitian untuk pelayanan kebidanan.
  • Menghasilkan bidan yang mampu memberikan pelayanan kebidanan yang paripurna ( Ibu, Bayi dan Balita).
  • Menghasilkan sertifikat ISO 9001:2000 untuk servis pada pelayanan civitas akademika dan alumni  di tahun 2014.
  • Menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga yang tekait antara lain: Rumah Sakit, Pemerintah Daerah Jember, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Organisasi Profesi, PKK dan Institusi Pendidikan.

 

UKM AKBID DR.SOEBANDI JEMBER

  1. PADUAN SUARA
  2. OLAH RAGA : BOLA VOLI
  3. SENI TARI TRADISIONAL
  4.  SENAM AEROBIC
No Response

Comments are closed.