Akhiri Liga Desa, Dharaka Yudha Boyong Juara Divisi Utama

Sukses perhelatan kompetisi Liga Sepakbola Desa yang digagas Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) bersama Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Jember, agaknya direncanakan untuk digelar setiap tahun. Hanya saja untuk rencana itu, pihak Dispora Kabupaten Jember masih akan mempelajari lebih jauh aturan PSSI.

Karena ternyata, dalam rangka Pekan Olahraga Propinsi (Porprop), untuk cabang sepakbola, lebih mengakomodasi usia-usia muda, mulai dari U-12, U-15 tahun. “Penyelenggaraan Liga Desa maupun Liga Pelajar, ini merupakan sebuah upaya menampung aspirasi masyarakat bola, utamanya klub sepakbola, untuk mengaktualisasikan dirinya,” ujar Dedi M Nurahmadi, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Kabupaten dalam acara pamungkas Liga Sepakbola Desa di Stadion Jember Sport Garden (JSG), Selasa (12/12/2017).

Penyelenggaraan turnamen sepakbola Liga Desa yang dimulai sejak 25 Nopember 2017 lalu itu, menurut Dedi, tujuannya untuk membangkitkan kembali persepakbolaan dari desa ke desa. “Kita bangkitkan kembali supaya olahraga yang dicintai oleh masyarakat, ini bisa muncul,” tandas Dedi M Nurahmadi, yang didampingi Kabid Olahraga, Tatang Prianggono.

Kompetisi ini, juga menjadi salah satu media untuk menjaring bibit-bibit persepakbolaan di Kabupaten Jember. Dengan begitu, ke depan persepakbolaan di Jember bisa memiliki tim yang tangguh sesuai harapan Bupati dan masyarakat Jember sendiri.

“Ini sekaligus memberi kesempatan kepada atlit-atlit bola untuk mengaktualisasikan dirinya, selain juga untuk menampilkan potensi yang ada di pinggiran, sekaligus perkotaan,” tandasnya.

Dengan digelarnya Liga Desa, diharapkan semua pemain yang turut bertanding bisa menujukkan seluruh potensi yang dimiliki, sehingga para pecinta sepakbola bisa melihat dan memberikan fasilitas untuk berkiprah ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan sampai tingkat nasional.

Sementara itu, akhir dari keseluruhan rangkaian kompetisi sepakbola Liga Desa yang terbagi menjadi empat divisi, Utama, 1, 2 dan 3, masing-masing telah menelorkan juara. Untuk divisi utama, keluar sebagai juara pertama tim sepakbola Dharaka Yudha, Jember dengan mengalahkan tim asal Wirowongso, Ajung, Gajayana, 5-4, melalui adu pinalti.

Juara tiga dan empat yang mempertemukan tim Persijatim, Jatimulyo, Jenggawah, melawan tim Pordes, Kalisat, berkesudahan 4-1 untuk Persijatim. Pemain terbaik pada divisi utama ini, diraih pemain asal Dharaka Yudha, Rumanega. Sedang pencetak gol terbanyak pada divisi ini, diraih Riskianto, asal Persijatim dengan 6 gol.

Juara divisi 1, diraih Tim Exsekutif, Sumberkalong, Kalisat, yang berhasil mengalahkan Tim Paser Mandiri, Pagah Jember dengan skor 3-0. Tempat ketiga divisi 1, direbut Tim Putera Pagah, Jember setelah menundukkan Tim Putera Mumbul, 5-4, melalui adu pinalti.

Terpilih sebagai pemain terbaik pada divisi 1, yakni Hairul dari Tim Exsekutif, Sumberkalong, Kalisat. Sedang pencetak gol terbanyak, direbut Heru Cahyono dari Tim Exsekutif dengan 19 gol.

Juara 1 dan runner up pada divisi 2, yang mempertemukan Tim Angkasa Karang Paiton, Ledokombo melawan Grand Fosta, Kreongan, Patrang, berakhir dengan skor 1-0. Juara tiga dan empat diraih Tim Sonic, Tanggul yang mengalahkan Tim Persegatra, Gambirono, Bangsalsari, dengan skor telak 7-1.

Untuk pemain terbaik pada divisi 2, diraih Dimas asal Tim Angkasa, Ledokombo. Sedang pencetak gol terbanyak, direbut Fani dari Tim Angkasa, Ledokombo, dengan 11 gol.

Juara 1 dan runner up pada divisi 3, direbut Tim Anak Manja, Kaliwates, yang berhasil mengalahkan Tim Bima Putra, Ambulu, 4-3, melalui adu pinalti. Juara tiga dan empat, diraih Tim Comos, Sumberwringin, setelah mengalahkan Tim Porsep, Paleran, 6-5, melalui adu pinalti.

Pemain terbaik pada divisi 3, terpilih Fajar Bahari, asal Tim Bima Putra, Ambulu. Sedang pencetak gol terbanyak pada divisi 3, direbut Holes dari Tim Cosmos, Sukowono dengan 6 gol. (Indra GM)

No Response

Comments are closed.