AKTE KELAHIRAN GRATIS BAGI 1000 KELUARGA ABANG BECAK

Kesemarakkan Jember Multi Event atau yang dikenal ditahun-tahun sebelumnya dengan nama Bulan Berkunjung Ke jember (BBJ) sepertinya tidak lagi hanya dirasakan karena kemeriahan dan gebyarnya dikalangan masyarakat kota. Akan tetapi, BBJ sendiri tahun ini benar-benar dimanfaatkan oleh Dinas Kependudukan Dan Capil Kab Jember untuk melaksanakan programnya yang juga merupakan program Nasional, yaitu penuntasan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi seluruh masyarakat.

Dispenduk & Capil Jember akan memberikan Administrasi Kependudukan (Adminduk) berupa Kartu Keluarga (KK), KTP, dan Akte Kelahiran secara gratis kepada para abang becak yang ada di Kabupaten Jember. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari senin, 16/9, yang dilauncing langsung oleh Kadispenduk, Isman Oetomo, dan disambut oleh Bupati Jember, MZA Djalal, di depan kantor Pemkab Jember, Jl. Sudarman 1, Jember.

Dikatakan oleh Isman Oetomo, selaku penanggung jawab kegiatan tersebut, bahwa kegiatan ini akan memberikan adminduk secara gratis kepada 5 ribu abang becak. Akan tetapi, lanjutnya, pada hari senin nanti hanya akan ada 1000 orang abang becak. Ini mengingat, katanya, karena keterbatasan tempat dan waktu. “sementara hanya 1000, senin nanti, akan tetapi semuanya akan di berikan kepada 5 ribu abang becak se Kab Jember”, ungkapnya.

Isman juga mengatakan kegiatan ini tidak hanya terikat pada abang becaknya saja, namun juga berlaku pada keluarganya. Intinya, ditegaskan oleh Isman, bahwa pemkab Jember dalam hal ini Dispenduk ingin menuntaskan adminduk sampai pada masyarakat terbawah atau masyarakat miskin. “ini tuntutan dari pemerintah pusat agar di Kabupaten dan kota seluruh Indonesia tuntas Adminduk secara gratis dan menyeluruh”, jelasnya.

Dikatakan oleh Isman bahwa Kabupaten Jember merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang melaksanakan program ini. Bahkan, nantinya kegiatan ini tidak hanya melakukan penyerahan Adminduk saja, akan tetapi juga akan diserahkan santunan kepada abang becak berupa uang transport, hadiah hiburan, dan penghargaan bagi abang becak oleh Bupati Jember, MZA Djalal.

Sementara itu, secara teknis pelaksanaan kegiatan ini disampaikan oleh Sri Wahyuniati, SH, Msi, Kabid Capil, bahwa pada hari senin nanti akan diberikan KK, KTP, dan Kate Kelahiran secara gratis kepada 1000 abang becak, termasuk uang saku, hadiah hiburan, piagam penghargaan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati jember, MZA Djalal. Dalam acara ini nantinya, ungkap Yuni, bahwa para abang becak ini akan diarak dari GOR Kaliwates, dan finish di alun-alun Jember, yang kemudian disambut langsung oleh Bupati Jember.

Kegiatan ini, dijelaskan oleh Yuni, merupakan program tuntasnya administrasi kependudukan yang diawali oleh Tuntasnya Administrasi Kependudukan (Adminduk) berupa Akte Kelahiran bagi 5 ribu abang becak se Kab Jember, dimana akan dilaunching oleh seribu abang becak senin depan. Kegiatan ini bertujuan, ungkap Yuni, memberikan kemudahan secara gratis kepada masyarakat kurang mampu, dimana banyak dari masyarakat kurang mampu ini belum berkesempatan untuk melakukan pengurusan akte kelahiran dengan alasan biaya. Untuk itu, Yuni selaku ketua pelaksana kegiatan ini berharap diawali diawali dari kegiatan ini bisa menuntaskan administrasi kependudukan berupa akte kelahiran, dikarenakan pentingya akte kelahiran sebagai kelengkapan kependudukan saat ini. “kita hanya berbuat kok mas, berbuat untuk masyarakat, sehingga masyarakat semua bisa punya akte kelahiran selain ini adalah program Nasional”, pungkasnya. (tgh/humas)

 

No Response

Comments are closed.