Kerja Nyata

ANTUSIAS SD MANGLI 01 JEMBER, TERAPKAN SEKOLAH BERBASIS ISLAM YANG BERPRESTASI

Longgarnya pegangan terhadap agama sudah menjadi tragedi dari dunia maju, dimana segala sesuatu hampir dapat dicapai dengan ilmu pengetahuan, sehingga keyakinan beragama mulai terdesak. Hal itu dapat dibuktikan dengan semakin menurunnya moral di kalangan pelajar, menurunnya moral tersebut merupakan salah satu hal yang harus segera diatasi, jika tidak ditanggapi dengan serius, maka moral tersebut benar-benar akan terkikis  seiring dengan berjalannya zaman.

            Untuk itu , banyak hal yang dilakukan oleh para pendidik untuk memperbaiki hal itu, karena moral yang baik merupakan salah satu faktor pendukung untuk meraih masa depan seseorang.

            Karena itulah, banyak saat ini bertebaran, sekolah-sekolah mulai dari TK hingga Perguruan tinggi yang menerapkan sekolah berbasis islam, seperti salah satu sekolah dasar yang ada di Jember, SDN 1 Mangli.

            SDN 01 Mangli, merupakan salah satu Sekolah Dasar yang berbasis Islam, hal itu diterapkan agar dapat mencetak generasi penerus yang berakhlakul karimah , moral yang baik, serta tak lupa pula, mencetak siswa siswi yang berprestasi.

            Meski letaknya berada jauh dari Kota Kabupaten, namun sekolah ini banyak diminati. Banyak yang meniutipkan anak-anak mereka untuk bersekolah disini, hal itu dibuktikan dengan banyaknya penerimaan murid pada setiap tahun ajaran baru.

            Seperti yang dikatakan salah seorang guru Agama di SD 1 Mangli , Amir “Sekolah kami mulai tahun 2007 telah menerapkan sekolah berbasis islami, dimana Agama menjadi poin penting dalam proses belajar di sekolah ini, hal itu ternyata mendapat sambutan wali murid dan masyarakat,banyak yang menitipkan anak-anaknya di sekolah kami setiap tahun ajaran baru”Ujarnya.

            Di sekolah ini, setiap murid diwajibkan untuk mengenakan pakaian muslim, bagi siswi harus mengenakan jilbab , begitu juga dengan para siswa juga harus mengenakan pakaian musli, kecuali bagi murid yang non muslim.

            Penerapan sekolah berbasis islam ini, diperkuat dengan adanya program extrakurikuler TPA, dimana semua siswa  harus mengikuti kegiatan ini “disini ada TPA, TPA ini merupakan program andalan disini, karena sesuai dengan peraturan daerah bahwa anak-anak itu harus bisa baca tulis AL-Quran , sehingga mengacu pada peraturan itu disini diadakan TPA . Semua siswa, kecuali yang non muslim, mengikuti kegiatan ini , setiap hari senin hingga rabu, setelah jam pulang sekolah, missal anak kelas 1  pulangnya jam 10 siang, nanti mereka tidak langsung pulang, tetapi mengikuti TPA ini terlebih dulu selama satu jam “ujar Amir.

            Menurutnya, semenjak diberlakukannya penerapan sekolah berbasis islam ini, Ia selaku pendidik , benar-benar merasakan perubahan positif murid-muridnya, seperti anak-anak yang nakal, semakin lama sikapnya semakin baik, sopan terhadap guru, saling menghargai antar teman, serta tingkah laku dilingkungan juga semakin baik.

            Disekolah ini, terdapat 27 tenaga pengajar, 12 diantaranya merupakan tenaga pengajar yang dikhususkan untuk TPA. Jadi tak heran jika sekolah ini, banyak mencetak prsetasi bidang agama, baik tingkat local maupun Nasinal.

            Tak hanya itu saja, SD Mangli 01 ini, juga banyak mencetak prestasi di dunia olah raga, seperti pernah menjuarai berbagai ajang lomba olahraga, tennis meja, futsal, volley,bulutangkis, dan pecan ini, sekolah ini akan mengirimkan salah seorang siswi terbaiknya untuk mengikuti PORSENI yang akan di gelar di Surabaya , beberapa pecan mendatang (*).

No Response

Comments are closed.