APBD Jember Tahun 2018 Disahkan Bersama Tiga Perda Prakarsa DPRD

Pemerintah bersama DPRD Kabupaten Jember menandatangani empat peraturan daerah dalam rapat paripurna yang digelar Senin (5/3/2018) malam.

Empat Perda itu yakni tentang APBD Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2018 dan tiga perda prakarsa DPRD yang meliputi Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal, Pengendalian Peredaran Minumam Beralkohol dan Penataan Kawasan Perumahan dan Pemukiman.

Penandatanganan dilakukan setelah delapan fraksi di DPRD Jember menerima dan menyetujui empat rancangan perda tersebut menjadi Perda. Sikap fraksi-fraksi ini disampaikan dalam pemandangan akhir fraksi.

Wakil Ketua DPRD Ayub Junaidi yang memimpin sidang mengetok palu sebanyak tiga kali untuk mengesahkan empat Perda tersebut. Usai pemgesahan, Bupati Jember dr Hj Faida MMR berasama Wakil Ketua DPRD Ayub Junaidi menandatangani kesepakatan tentang empat perda itu.

Ayub menjelaskan, pembetukan produk hukum daerah telah diatur dalam Permendagri No 80 tahun 2015.

“Untuk menjamin kepastian hukum atas pembentukan produk hukum daerah berdasarkan cara dan metode yang pasti, baku, dan standar sehingga tidak bertentangan dengan peraturan perundang undangan yang lebih tinggi, kepentingan umum, dan/atau kesusilaan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief menyampaikan, selesainya penyusunan APBD tahun 2018 membawa makna harus bersungguh sungguh yang dilandasi pengabdian kepada masyarakat.

Para pejabat dalam melaksanakan pembangunan melalui APBD yang telah disahkan diharapkan dapat menyuguhkan informasi secara terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat.

Informasi itu meliputi tujuan, sasaran, sumber pendanaan pada setiap jenis belanja dan korelasi besaran anggaran dengan manfaat dan hasil yang ingin dicapai dalam satu kegiatan yang dianggarkan.

“Sebagai bagian transparansi dan akuntabilitas publik dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik bersih dan transparan,” ujarnya.

Terkait tiga perda prakarsa DPRD, Wabup memberikan apresiasi tinggi. “Semoga tiga peraturan daerah tersebut dapat menjadi landasan hukum dan membawa manfaat bagi masyarakat Jember,” harap Wabup. (izza/*f2)

No Response

Leave a reply "APBD Jember Tahun 2018 Disahkan Bersama Tiga Perda Prakarsa DPRD"