Apel Siaga Bencana, BPBD Gandeng Semua Elemen

Penanganan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak, tidak hanya pemerintah saja, namun semua pihak dan masyarakat juga. Hal ini nampak pada apel siaga bencana dengan tema Gerak Terpadu, Pemerintah-Masyarakat-Dunia Usaha menuju Ketangguhan Kabupaten Jember dalam Menghadapi Bencana yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Jember, Kamis (29/9/2016).

Acara yang langsung di pimpin oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., dan dihadiri oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, Ketua dan Wakil Ketua Forkopimda, Dandim 0824, Drs, Suhanan, M.pd Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jember tersebut, menjadi simbol sinergitas antara masyarakat dan pemerintah yang bersatu padu dlam mencegah dan menanggulangi bencana.

Bencana alam terjadi, tentu merupakan rangkaian peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu aktifitas kehidupan masyarakat, baik yang di sebabkan oleh faktor alam, non alam maupun akibat ulah manusia. Berbagai bencana tersebut telah mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta bencana dan dampak psikologis selain itu bencana juga menimbulkan permasalahan lain. Seperti pemenuhan kebutuhan hidup bagi masyarakat pengungsi, kerawanan penyakit menular serta masalah keamanan harta benda yang di tinggalkan para pengungsi.

Dan mencermati hal tersebut di perlukan langkah-langkah proaktif dari seluruh pihak khususnya bagi para pemangku kebencanaan untuk secara sigap dan siaga dalam menanggulani bencana.

No Response

Leave a reply "Apel Siaga Bencana, BPBD Gandeng Semua Elemen"