Download Logo HUT RI 72

Arismaya: Sampahku adalah Hartaku

HUT RI 72

Cara pandang masyarakat terhadap sampah perlu diubah untuk menciptakan masa depan dengan lingkungan yang bersih dan sehat. Upaya penyadaran masyarakat atas masalah ini dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Jember.

“Sampah merupakan ekses dari kegiatan kita, mulai dari pribadi, rumah tangga, hingga perusahaan. Kita tahu sendiri, bagaimana masyarakat memperlakukan sampah dengan kurang benar,” kata Arismaya Parahita, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Jember.

Persepsi masyarakat itu menempatkan sampah sebagai sesuatu yang tidak berguna. “Kita coba ubah untuk mulai memanfaatkan sampah. Sampahku adalah hartaku,” terangnya di Alun alun Jember.

Arismaya Parahita menyatakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 menjadi momen untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap sampah. HPSN sendiri jatuh pada tanggal 21 Pebruari.

Dengan memanfaatkan kegiatan car free day, Minggu (26/2/2017), Dinas Lingkungan Hidup bersama sejumlah aktivis lingkungan hidup memeriahkan HPSN dengan menggelar lomba Pungut dan Pilah Sampah. Juga menggelar pameran produk olahan sampah yang diproduksi oleh kelompok mantan buruh migran.

Tiga pemenang lomba pungut dan pilah sampah dipilih berdasarkan berat sampah yang dikumpulkan. Sampah dikumpulkan di sekitar alun alun dan daerah perkotaan lainnya. Waktu pengumpulan sampah mulai pukul 06.00 sampai 08.00.

Pemenang pertama diraih tiga siswa pecinta alam SMA Kalisat setelah mengumpulkan 35 kg sampah. Tim ini berhak mendapat uang Rp. 1 juta dan menjadi Duta Sampah Kabupaten Jember. “Mari kita buang sampah pada tempatnya,” ujar salah satu siswa.

Selain memamerkan produk hasil olahan sampah, HPSN 2017 dimeriahkan dengan tari Kerja Bakti dan Tari Jaranan. Sajian yang menghebohkan adalah atraksi Bambu Gila, yang diikuti puluhan penonton.

Menurut Arismaya Parahita, upaya penyadaran masyarakat merupakan langkah mengatasi masalah pada hulu. Sementara penyelesaian masalah sampah di hilir yakni dengan memperbaiki manajemen pengelolaan sampah. (*f2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Arismaya: Sampahku adalah Hartaku"