Asisten Perekonomian Pemkab Terima Tamu Dari Buleleng

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Buleleng Bali dalam rangka untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pengelolaan retribusi parkir di jalan umum dengan sistem berlangganan. Kunjungan kerja ini di terima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Drs. Slamet Urip Santoso, di ruang rapat bawah Pemkab Jember, Kamis (9/3/2017).

Turut hadir segenap jajaran OPD terkait dan Wakil Ketua DPRD Buleleng Ketut Susilo Umbara beserta rombongan, yang mana dalam kunjungan kerja ini di lakukan sharing dan membagi pengetahuan mengenai daerah masing-masing.

Wakil Ketua DPRD Buleleng Ketut Susilo Umbara menyampaikan berkenaan dengan informasi yang di dapat, bahwa Pemkab Jember sudah menerapkan retribusi pelayanan parkir di jalan umum dengan berlangganan.

Kabupaten Buleleng ini bertempat di wilayah timur pulau Bali dengan luas wilayah kurang lebih 25% pulau Bali berpenduduk kurang lebih 800 ribu jiwa juga ruas jalan sekitar 878,19 km2, dengan jumlah kendaraan sekitar 360 ribu, hal ini menjadi potensi untuk peningkatan pendapatan atau PAD Buleleng dari sektor parkir.

Dengan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi-informasi tentang pelayanan parkir yang ada di Kabupaten Jember dari segi regulasi, hukum dan mekanisme beserta lainnya yang mana telah dirancang Perda parkir berlangganan di Buleleng. “baru Kabupaten Buleleng yang merancang ini sebagai inisiatif dari anggota DPRD sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Drs. Slamet Urip Santoso mewakili Bupati Jember, menyampaikan harapan dalam kunjungan kerja ini agar dapatnya menghasilkan output yang positif. Dalam segi komperatif kali ini di rasa istimewa karena DPRD Buleleng sangat tertarik untuk mengkaji Raperda parkir berlangganan.

Mengenai potensi Kabupaten Jember di antaranya seperti pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan dan lain-lain dengan ini Kabupaten Jember juga menjadi kawasan Pendidikan. Secara umum program pembangunan di Kabupaten Jember di arahkan kepada 6 prioritas bidang pembangunan yakni Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Infrastruktur, Ekonomi Kerakyatan dan Penguatan Lembaga Pedesaan.

Dengan informasi dari pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember, bahwa parkir berlangganan sudah di mulai sejak tahun 2009 di Kabupaten Jember yang di laksanakan dengan beberapa peraturan dasar dan banyak MoU yang di perbarui setiap tahun dan sesuai kebijakan yang ada bahwa seluruh kendaraan dengan plat nomor Jawa Timur gratis untuk parkir. Juga di sampaikan bagaimana perkembangan program ini di setiap tahunnya dengan terobosan-terobosan serta sejarah sebagai pembelajaran. (Izza)

No Response

Leave a reply "Asisten Perekonomian Pemkab Terima Tamu Dari Buleleng"