Bagikan Puluhan Ribu KIS, Bupati Prioritaskan Kaum Miskin

Pemerintah Kabupaten Jember membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) kepada 13.556 kepala keluarga, yang mencakup 44.829 jiwa.

Pembagian ini dilaksanakan selama lima hari, dengan memanfaatkan sejumlah pondok pesantren sebagai media warga bertemu dengan bupati.

Hari pertama dimulai Senin (9/4/2018), Bupati Jember dr. Hj. Faida,MMR. bertemu dengan warga di tiga pondok pesantren. Ketiga pondok itu yakni Ponpes Al Muarif Al Mubarok Patrang, At Taubah Sumbersari, dan Al Azhar Kaliwates.

Di Ponpes Al Muarif Al Mubarok Patrang, bupati membagikan KIS kepada 1.116 kepala keluarga dari tiga kecamatan, meliputi Kecamatan Patrang, Sukorambi, dan Panti.

Pembagian kartu secara simbolis selanjutnya dilakukan di Ponpes At Taubah Sumbersari, kepada 782 kepala keluarga.

Pembagian tahap terakhir pada hari pertama ini di Ponpes Al Azhar Kaliwates. Sebanyak 1.218 kepala keluarga dari Kecamatan kaliwates dan Ajung menerima kartu asuransi kesehatan tersebut.

Kepada penerima KIS, bupati menjelaskan KIS dipakai untuk berobat di fasilitas kesehatan dengan pelayana kelas tiga.

Bagi masyarakat mampu, lanjut bupati,  dapat membayar sendiri iuran KIS. Tetapi, bagi masyarakat miskin, pemerintah akan membayar iuran itu.

Bagi masyarakat miskin yang sakit namun belum memiliki asuransi kesehatan ini, bisa menggunakan Surat Pernyataan Miskin (SPM), yang tidak perlu iuran karena pembiayaan berobat ditangung  Pemkab.

Lebih jauh dijelaskan, tahun ini lebih kurang 50 persen masyarakat Jember sudah memiliki asuransi kesehatan. Target akhir tahun ini seluruh masyarakat miskin di Jember sudah terjamin asuransi kesehatan.

Bupati menegaskan, dukungan asuransi kesehatan dari pemerintah memprioritaskan anak yatim, yatim piatu, terlantar, serta penyandang masalah-masalah sosial.

“KIS bisa bagi yatim piatu, ibu hamil, guru ngaji. Bisa mendaftar di kecamatan, di pesantren juga bisa, bahkan polsek juga bisa. Ayo kita gotong royong supaya masyarakat kita segera tuntas (terjamin BPJS),” Bupati Faida, seraya menjelaskan kegiatan ini bagian dari janji Bupati dan Wakil Bupati ke-14, yaitu membangun dan merevitalisasi berbagai fasilitas dan pusat layanan kesehatan yang mendekat ke masyarakat. (izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Bagikan Puluhan Ribu KIS, Bupati Prioritaskan Kaum Miskin"