Bangun Sinergitas, Gelar Pameran UMKM Sekaligus Bersholawat

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., mengatakan, sudah seharusnya masjid atau pondok pesantren, bisa menjadi pusat informasi dan edukasi masyarakat. Oleh karenanya, perlu dilakukan sinergitas dengan kegiatan lain dalam rangka membantu kepentingan masyarakat.

“Kita kembali membuat sinergi. Hari ini ada kegiatan Jember Bersholawat di Kecamatan Bangsalsari, kita satukan antara kegiatan di alun-alun kecamatan (Jember Bersholawat) sekaligus pameran UMKM,” ujar Bupati Faida, dalam kegiatan Jember Bersholawat, di lapangan Bangsalsari, Selasa Malam (19/12/2017).

Gelar pameran UMKM di sela-sela kegiatan sholawat bersama itu, menurut bupati, untuk menggali potensi produk-produk lokal dari Bangsalsari dan sekitarnya. “Jadi tenteram, aman, mudah-mudahan mendapatkan syafaat dari Rasulullah dan bisa membantu UMKM, agar lebih dikenal masyarakat,” tandasnya.

Pameran produk UMKM itu, lanjut bupati, juga dimaksudkan, agar Pemkab Jember bisa melihat kebutuhan-kebutuhan UMbergantian.ana yang butuh pelatihan packaging supaya lebih baik.

“Dan mana yang masih butuh pembinaan untuk produksinya, atau juga mana yang butuh bantuan peralatan dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara Dr. KH. Abdullah Samsul Arifin, yang pada kegiatan Jember Bersholawat, bertindak sebagai penceramah, menyatakan rasa bangganya karena Kabupaten Jember memiliki bupati yang suka bersholawat. “Berbanggalah kita masyarakat Jember, karena memiliki bupati yang cinta sholawat,” ucap Gus Aab, panggilan akrab KH. Abdulah Samsul Arifin itu.

Kegiatan sholawat yang dilaksanakan di berbagai kecamatan, diharapkan terus dikembangkan. Jika mungkin untuk tahun mendatang, di setiap kecamatan digelar kegiatan sholawat secara bergantian.

“Kalau sebelumnya pada tahun pertama Bupati Faida memimpin Jember, kita bersholawat, kalau saya hitung 5 kali dalam satu tahun, termasuk yang digelar di alun-alun Jember bersama Habib Syeh bin Abdul Qodir ,” kenangnya.

Menurut Gus Aab, komitmen Bupati Faida untuk menjadikan Jember sebagai Kota Sholawat dan membumikan sholawat di Jember, bisa dilihat dari kegaiatan yang sudah dilakukan. Saat ini, kegiatan Jember Bersholawat dilaksanakan di beberapa titik kecamatan di Kabupatem Jember.

“Insya Alloh, tahun 2018 nanti, akan rata di semua kecamatan diajak-ajak bersama-bersama bersholawat,” harapnya.

Banyak keutamaan yang menurut Gus Aab, bisa didapat dari bersholawat. Sebagaimana sabda Rasulullah, SAW “Perbanyaklah kalian bersholawat kepadaku, karena sholawat itu akan menjadi ….penenang,”.

“Karena itu, kalau Jember ingin tenang, damai, termasuk di kecamatan-kecamatan, maka langkah yang sangat tepat adalah bumikan sholawat di seluruh pelosok Kabupaten Jember,” imbuhnya. (Indra GM)

No Response

Comments are closed.