BANYAK DIGEMARI WISATAWAN, JADIKAN SEAFOOD SEBAGAI ALTERNATIF WISATA KULINER


Sebagian masyarakat banyak yang senang berwisata kuliner, datang ke berbagai daerah hanya untuk mencicipi aneka masakan yang ada, karena setiap daerah memiliki makanan khas yang memiliki rasa khas sendiri, cirri khas yang ditawarkanpun berbeda-beda, mulai dari masakan pedas, manis , asam, dan masih banyak lagi perbedaan masakan dan rasa pada tiap daerah.

Perbedaan itulah yang menjadikan banyak orang ingin datang ke suatu daerah hanya untuk merasakan makanan yang berbeda pada tiap daerah. Seperti daerah lain, Jember juga tak kalah jika berbicara tentang masakan kuliner, Jember juga memiliki makanan khas yang banyak disenangi wisatawan, baik wisatawan lokal, maupun wisatawan asing.

Para wisatawan tersebut, juga banyak yang datang ke Jember, hanya untuk ingin berwisata kuliner, ada banyak ragam masakan yang ditawarkan, mulai dari Ayam Pedas Gumukmas, hingga Nasi Pecel Garahan, yang juga banyak menarik minat para wisatawan, karena rasanya yang berbeda.

Namun, ada satu masakan yang paling banyak dicari wisatawan, yakni Ikan SEAFOOD JEMBER, beragam jenis SEAFOOD ditawarkan di Jember, seperti Ikan Bakar, Kepiting, Udang, dan masih banyak lagi beragam jenis SEAFOOD yang ditawarkan, namun yang paling penting adalah rasanya, para wisatawan banyak yang mengakui bahwa SEAFOOD Jember memiliki rasa khas tersendiri.

Seperti yang dikatakan salah seorang pengunjung dari luar kota, Lilah “Saya bersama keluarga datang kesini, selain menikmati pemandangan juga ingin mecicipi ikan bakar khas jember yang banyak dibicarakan teman saya, ini saya sudah mencoba, rasanya memang benar-benar enak, berbeda dengan daerah lain, yang paling khas adalah sambelnya, rasanya enak, sangat khas”ujarnya.

SEAFOOD Jember, memang memilki rasa khas berbeda dari daerah lai, terlebih campuran bumbunya yang khas, membuat siapa saja ketagihan, terlebih rasa sambelnya yang khas Jember, membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk berwisata kuliner SEAFOOD di Jember.

Hal yang sama juga dikatakan seorang penggila wisata Kuliner “saya memang senang berwisata kuliner, sering berkeliling daerah hanya untuk kuliner,kalau di jember saya memang paling senang dengan SEAFOODnya, rasanya berbeda, saya sudah sering wisata kuliner SEAFOOD di banyak daerah, namun disini masakannya lebih khas, terlebih sambelnya, sangat khas, dan selain itu disini juga ada yang unik, yakni di warung-warung SEAFOOD yang tersedia juga menawarkan kopi dan coklat khas jember, yang tentunya berbeda dari daerah lain”Ujar Sugianto.

Dari sekian banyak masakan yang ada di Jember, SEAFOOD memang menjadi primadona para wisatawan, hal itu juga disampaikan oleh Siratjudin ,KASI Kebudayaan Dinas Pariwisata Jember“ Jember ini ada beragam makanan,tapi yang paling banyak diminati itu adalah SEAFOODnya, 70%para wisatawan yang datang ke Jember, berwisata kuliner SEAFOOD, menurut mereka rasa khas nya ada, seperti ikan bakarnya, udangnya, sambelnya, itu berbeda, rasanya kan tiap daerah lain, menurut mereka di Jember ini masakan SEAFOODnya beda, jadi para wisatawan banyak yang senang berwisata kuliner SEAFOOD di Jember” Ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa sajian SEAFOOD yag berbeda di Jember ini, dijadikan alternative wisata kuliner khas jember, hal itu dikarenakan banyakya para wisatawan yang menyebutkan bahwa Jember adalah surganya wisata kuliner segala macam SEAFOOD.

Oleh : Fera Dwi Aprilianti

No Response

Comments are closed.