Download Logo HUT RI 72

Banyak Potensi Seni Budaya, Bupati Minta Dioptimalkan

HUT RI 72

Bolo Sewu Jaranan Barong yang diadakan oleh Dewan Kesenian Jember (DKJ) dengan tema “Pentas Seribu Wadyabala Jaranan dan Baron”, menampilkan Jaranan, Barongsai, Macapat, Hadrah, Tari, Ta’butaan. Nampak semakin meriah ketika pada acara tersebut Bupati Jember dr.Hj.Faida,MMR,. Ketua DKJ Jember dan Jawa Timur, dan dinas terkait,

Selain tamu undangan, nampak juga masyarakat sekitar payangan berbondong-bondong ikut memeriahkan dan menyaksikan langsung acara ini.

Ketua pelaksana Iwan Kusuma menyampaikan bahwa ingin mengebrak Jember dengan keseniannya. Semoga Kesenian dan destinasi Wisata bisa bersatu, bersinergi,saling mengisi dan menghidupi.

Ketua DKJ menyampaikan acara ini mensinergikan potensi wisata alam dan wisata seni budaya sehingga suatu saat dijember akan saling mengisi antara keduanya sehingga menjadi wisata estetika yang menarik yang dikagumi tidak hanya masyarakat Jember, tapi Indonesia dan internasional. Ucapan terimakasih pada pendukung disampaikan, antaranya Jaranan Barong yang jumlahnya sekitar 250
Dari ratusam oran orang berkenan untuk menggerakkan kemampuannya, solak kilografi Jaranan Barong disore tadi, semoga bisa menghibur masyarakat. Pagelaran Bolo Srewu Jaranan Barong merupakan sinergi antara rukun rukun pagelaran jalanan yang terdiri dari Barong, jatilan, Barongsai, dan leang leong yang berasal dari rukun Barongsai semoga sinergitasnya akan menampilkan satu gelaran yang menakjubkan dan bisa dinikmati dan menyatu dengan alam payangan.

Sedangkan Bupati Jember dalam sambutannya menyampaikan tidak semua kota, Kabupaten mempunyai aset yang sangat berharga, yang namanya seniman dan budayawan . Luar biasa dijember, inisiatif dari masyarakat yang dimotori oleh DKJ.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jember menyampaikan , ini yang diharapkan masyarakat bergerak bersama bukan bergerak sendiri. “Jaranan dan Barongsai bisa rukun, kalau masyarakat tidak bisa rukun malu sama Barongsai dan Jaranan,” tuturnya.

Acara ini menggambarkan betapa kayanya budaya di Kabupaten Jember , sinergi antara kelompok Kesenian juga menggambarkan betapa rukunnya masyarakat Jember. Kegiatan hari ini menggambarkan kebhineka tunggal ika dikabupaten jember berjalan dengan baik,masyarakat Jember rukun dan untuk berkreasi syaratnya damai.

Dengan Bersinerginya seniman, budayawan dengan dunia pariwisata, serta dunia ekonomi kemasyarakatan, dunia industri, pemerintah, masyarakat, Jember akan lebih maju dan sejahtera.

Beberapa agenda acara diawali dengan penyerahan cemeti jaranan pada sesepuh jaranan oleh Bupati Jember, dilanjutkan performe Arts Bolo Sewu, dan acara ditutup dengan tumpengan wiwitan makaryo DKJ. (Mutia)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Banyak Potensi Seni Budaya, Bupati Minta Dioptimalkan"