Berharap Dinsos Selalu Mengupdate Data Terkini

Guna terjaminnya kebenaran program Data Penerimaan Bantuan Iuran Jaminan kesehatan Nasional (PBI-JKN), maka perlu dilakukan verifikasi dan validasi data. Hal ini dimaksudkan, agar diperoleh data terbarukan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yang jumlahnya sebanyak 28 di seluruh Kabupaten Jember.

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data PBI-JKN dan PMKS yang diikuti seluruh camat, kades/lurah ini, menurut Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember, Isnaini Dwi Susanti, SH, dimaksudkan untuk mensinergikan dan mengkoordinasikan kesiapan pelaksanaan Validasi PBI-JKN juga Data PMKS di Kabupaten Jember.

“Selain itu juga untuk mewujudkan ketepatan sasaran dalam memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat Jember,” ujar Isnaini Dwi Susanti, Kadinsos Jember, dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data Penerimaan Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI-JKN) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Di Kabupaten Jember, Rabu(27/09/17).

Awal dimulainya pelaksanaan verifikasi dan Validasi data PBI-JKN ini, kata Isnaeni, dilakukan dengan cara pemeriksaan langsung kepada sasaran keluarga penerima manfaat.

Dikatakan, bahwa data yang harus diversifikasi di Kabupaten Jember, sebanyak 996.204 orang. Bagi peserta PBI-JKN yang datanya sudah diversifikasi dirumahnya diberi tanda stiker.

Di lain pihak, Wakil Bupati Jember Drs KH Muqit Arief, yang hadir pada acara itu, dalam sambutannya mengatakan betapa pentingnya validasi data untuk kehidupan sehari hari.

“Kegiatan ini sangat mulia berkaitan dengan bagaimana kita bisa memberikan perhatian kepada saudara kita yang kurang diuntungkan, saling mencintai, membantu dan berbagi,” harap Wabup.

Pemerintah Kabupaten Jember menyadari, tanpa peran serta PSKS, penanganan masalah kesejahteraan sosial akan banyak menghadapi kesulitan. “Apresiasi setinggi tingginya, dan dapat terus semangat untuk kegiatan selanjutnya,” pinta Wabup.

Wabup berharap, verifikasi dan validasi data yang dilakukan, akan mendorong Dinas Sosial Kabupaten Jember, untuk selalu mengupdate data terkini, sehingga perencanaan dan upaya penanganan PMKS bisa tepat sasaran, tepat tujuan dan tepat waktu.(Ind, Mutia)

No Response

Comments are closed.