Berharap Tim Rukyatul Hilal oleh Pemkab Jember

Pelaksanaan rukyatul hilal oleh Kementerian Agama Kabupaten Jember dilaksanakan di Gunung Sadeng Puger, Kamis ((14/6/2018), untuk menentukan 1 Syawal 1934 Hijriyah.

Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief yang ikut dalam kegiatan itu berharap tim rukyatul hilal berada di bawah Pemerintah Kabupaten Jember.

“Harapan, SK tim ini tidak dari Kemenag, SK dari Pemerintah Kabupaten Jember,” jelas Wabup kepada wartawan. Menurut pria yang akrab dipanggil Kiai Muqiet ini, harapan tersebut masuk akal.

Sebab, apabila di bawah Pemkab Jember, persiapan-persiapan akan lebih baik. Hal ini untuk kesempurnaan pelaksanaan  rukyatul hilal.

Wabupmemberikan apresiasi kepada Tim Rukyatul Hilal Kemenag Jember. Sebab, tim sebenarnya diundang ke Situbondo untuk menentukan rukyatul hilal. Namun, tim memutuskan untuk melaksanakannya di Jember.

Rukyatul hilal di Gunung Sadeng sudah berlangsung dua kali. Tahun kemarin dilaksanakan di tempat yang sama, namun di lokasi yang lebih tinggi.

Tahun ini dilaksanakan di tempat yang lebih rendah. Meski demikian, rukyatul hilal kali ini tetap memenuhi syarat. Tidak hanya sebagai penentuan awal Syawal, lokasi itu bisa menjadi tempat pegembangan keilmuan dari akademisi.

Lebih jauh Wabup menjelaskan, di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah yang diasuh oleh KH Lutfi Achmad telah memiliki alat untuk melihat hilal.

Tentu saja hal itu menunjukkan ada keilmuan yang dikembankan oleh masyarakat lokal. Bagi Wabup, hal seperti ini perlu mendapat perhatian dan pengembangan lebih jauh.

Sementara itu, Ketua Tim Rukyatul Hilal Kemenag Jember Muhammad Muslim menyampaikan, sebenarnya ada tiga lokasi yang bisa dijadikan tempat rukyatul hilal.

Tempat itu yakni Paseban, Nyampong Oblong, dan Gunung Sadeng.

“Kami  berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jember yang telah bersedia hadir,” ucapnya. Kehadiran pemerintah, yang diwakili Kiai Muqiet, menurut Muslim sangat penting. Karena kegiatan ini membawa nama Jember.

Ia berharap kedepan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember pelaksanaan rukyatul hilal bisa lebih baik dari pelaksanaan tahun ini. (*f2)

No Response

Leave a reply "Berharap Tim Rukyatul Hilal oleh Pemkab Jember"