Beri Beasiswa, Bukan Sekedar Janji Kampanye, Tapi Janji Kerja Yang Dikerjakan

Janji Kerja Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., dan Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Muqit Arief, yang pernah disampaikan pada saat kampanye pilkada tahun 2015 lalu dan saat ini menjadi bagian dari program pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember, kembali direalisasikan.

Kali ini yang direalisasikan adalah 22 Janji Kerja nomor 2, yakni “Memberikan 5000 Beasiswa bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi yang Berprestasi”. “Ini program masih baru, ketika kita buka gelombang pertama kurang lebih 300 orang. Banyak orang bilang, kalu janji kampanye itu ‘Pacapa’. Tapi 22 Janji Kerja yang saya sampaikan bersama Kiai Muqit saat pilkada lalu ini bukan sekedar janji kampanye, tetapi Janji Kerja yang akan dikerjakan karena memang diinginkan dan diperlukan masyarakat Jember,” ujar Bupati Faida, di hadapan calon penerima beasiswa dalam acara Silaturrahmi Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR Bersama Calon Penerima Beasiswa Mahasiswa D3, D4, S1, asal Jember dari Pemerintah Kabupaten Jember tahun 2017, di Aula PB. Sudirman Pemerintah Kabupaten Jember, (Sabtu,7/10/2017).

Program pemberian beasiswa bagi 5000 mahasiswa ini diperuntukkan siswa lulusan SMA/SMK/MA dan setara khusus warga Jember. Melalui program ini diharapkan, masa depan anak-anak Kabupaten Jember lebih panjang.

Hingga saat ini jumlah pemohon bantuan beasiswa yang sudah masuk sebanyak 1147. Yang sudah mengikuti wawancara tahap 1, sebanyak 224, wawancara tahap 2, 824.

Rencananya untuk wawancara tahap 3, akan diikuti 682, ditambah yang tidak hadir pada saat wawancara tahap 1 dan 2 sebanyak 78. Sehingga jumlah rencana wawancara tahap 3 seluruhnya sebanyak 760.

Sasaran dari pemberian bantuan beasiswa ini adalah lulusan SMA/SMALB/MA/SMK Negeri atau Swasta atau kesetaraan. Atau yang sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri, S1/D4/D3, atau yang sedang menempuh pendidikan S1/D4/D3 (bukan penyetaraan) serta Guru PAUD (TK/RA, KB, SPS, TPA) yang aktif mengajar di PAUD minimal 1 Tahun di Kabupaten Jember.

Kriteria dari penerima beasiswa adalah penduduk Kabupaten Jember dan ber KTP/KK Jember. Beasiswa ini diberikan kepada fakir miskin dan tidak mampu, peserta Keluarga Harapan, yatim, piatu, yatim piatu, difabel, keluarga veteran, keluarga buruh, korban bencana alam. “Juga guru ngaji dan keluarganya, kader posyandu dan keluarga, keluarga pensiunan TNI, POLRI, PNS dan perusahaan daerah, guru PAUD (TK/RA, KB, SPS, TPA),” paparnya.

Untuk persyaratan administratif calon penerima beasiswa, yakni, bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1/D4/D3 diminta surat keterangan dari perguruan tinggi. Sedang bagi calon mahasiswa yang sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta jenjang S1/D4/D3, diminta foto copy kartu test dan bukti lulus test masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi.

Bagi guru PAUD (TK/RA, KB, SPS, TPA), wajib memiliki persyaratan, aktif mengajar minimal 1 tahun, dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga tempat mengajar. Bagi yang sudah diterima di perguruan tinggi atau swasta jenjang S1/D4/D3 harus dibuktikan dengan foto copy kartu test dan bukti lulus test masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri atau swasta, surat keterangan aktif sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri atau swasta bagi yang sudah berstatus mahasiswa.

“Untuk honorer K-2, wajib memiliki surat keterangan aktif melaksanakan tugas sebagai honorer K-2 dari Kepala Unit Kerja dan sudah diterima di perguruan tinggi jenjang S1/D4/D3 yang dibuktikan dengan foto copy kartu test dan bukti lulus test masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi, surat keterangan aktif sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi bagi yang sudah berstatus mahasiswa,” imbuhnya. (Izza. Red : Indra GM)

 

Berikut Materi Paparan terkait dengan Beasiswa Mahasiswa Asal Jember :

No Response

Comments are closed.