BERI SANTUNAN, CAMAT PAKUSARI LIBATKAN LSM DAN WARTAWAN

Meski sudah hampir setengah bulan yang lalu, Pemerintah Kabupaten Jember merayakan HUT Kabupaten Jember yang ke 84. Bukan berarti, kekhidmatan peringatan tersebut menjadi luntur. Seperti yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Pakusari yang menggelar peringatan HUT Kabupaten Jember ke 84 tersebut dengan memberikan santunan bagi warga masyarakatnya yang kurang mampu. Pemberian santunan yang dilakukan atas dasar kerjasama berbagai pihak, diantara Perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Kec Pakusari, Jajaran UPTD Pendidikan Kec. Pakusari, Muspika Kec. Pakusari, bahkan melibatkan LSM dan para wartawan yang ada di Jember.

            Pemberian santunan ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pakusari, 22/01, yang dihadiri secara langsung oleh Asisten Ekonomi, Slamet Oerip Santoso, juga para Kades dan Ka. Lingkungan di wilayah Kec Pakusari.

            Disampaikan oleh Camat Pakusari, H. Haidori, bahwa santunan ini didapatnya dari dana yang terkumpul, yaitu dari para masyarakat donatur, perusahaan swasta, UPTD Pendidikan, KUA, termasuk dari LSM dan wartawan yang dilibatkan sebagai panitia pemberian santunan tersebut dalam rangka memperingati HUT Kab Jember Ke 84.  “kita sengaja melibatkan LSM dan wartawan untuk menjaga tranparansi, sekaligus untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat”, tegasnya.

            Menurutnya, bahwa dana dari hasil kerjasama tersebut bisa terkumpul hampir ± 20 juta, yang kesemuanya digunakan untuk pemberian santunan tersebut. Haidori juga mengatakan bahwa penerima santunan tersebut tidak hanya dari masyarakat biasa yang kurang mampu, akan tetapi juga diberikan santunan bagi para kader PKK dan kader posyandu yang kurang mampu. “kenapa ini saya lakukan, karena mengingat para kader PKK dan kader posyandu ini telah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya, selain daripada itu para kader tersebut merupakan masyarakat kurang mampu yang layak diberikan santunan”, ujarnya.

            Dikatakan juga oleh Haidori, untuk dana yang terkumpul tersebut bisa memberikan santunan kepada 300 orang masyarakat yang kurang mampu, dimana santunan yang diberikan tersebut meliputi Beras, gula, mie instan, dan minyak goreng untuk per-paketnya. “ya jika di kira-kira untuk per-paket jika dinominalkan sekitar 50 ribuan”, jelasnya.

            Akan tetapi, lanjut Haidori, agar santunan tersebut tidak dilihat besar kecil nilainya, namun lebih pada rasa kepedulian antar sesama sebagai warga Kabupaten Jember. Tak hanya pemberian santunan saja, Menurut Haidori, dalam peringatan HUT Kab Jember ke 84 ini, Kecamatan Pakusari telah mengagendakan 3 kegiatan, yaitu hiburan rakyat musik dangdut yang bertempat di Lap. Kertosari, Lap. Pakusari, dan Terminal Pakusari, serta pemberian santunan dan donor darah yang bertempat di Kantor Kecamatan Pakusari.

            Untuk kegiatan semacam ini, Haidori selaku Camat Pakusari telah mengagendakan sebagai acara rutin tahunan bagi Kecamatan Pakusari dan para Kades-kades yang ada di wilayah tersebut. Dirinya hanya berharap dengan kegiatan semacam bisa tercipta silahturahmi antara masyarakat dengan pejabat, pejabat dengan perangkat. Selain itu, juga tercipta sebuah kerjasama yang sinergis antar perangkat yang ada, mulai dari kepala lingkungan, kades, sampai dengan camat, sehingga program-program pemerintah kabupaten bisa di sosialisasikan dan dilaksanakan secara menyeluruh hingga ke masyarakat yang paling bawah sekalipun. Diakhir acara tersebut, Asisten Ekonomi Pemkab Jember, Slamet Oerip Santoso juga menyempatkan diri untuk meninjau secara langsung pelayanan umum dan pelayanan e-KTP yang ada di Kec Pakusari. (tgh/hms)

No Response

Comments are closed.