Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berkaitan Dengan Hibah, Bupati Berpesan 3B

 

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menghadiri acara audiensi pengadaan hibah barang Disperindag dan ESDM Kabupaten Jember yang berlangsung di ruang rapat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Kamis (29/12/2016).

Dengan terselenggaranya audiensi ini Bupati Faida menyampaikan bahwa hasil paparan merupakan hasil dari kerja Bupati bersama dengan tim untuk membantu tim penerima hibah agar menjadi lebih baik lagi dengan tim dengan menggunakan prinsip 3B yaitu baik tujuannya, benar hukumnya dan betul caranya.

Maka Bupati Faida menjelaskan bahwa definisi hibah yaitu pemberian uang, barang atau jasa dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah atau Pemerintah lainnya, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan  seperti yang telah ditetapkan, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat serta tidak terus menerus dan bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah.

Temuan dan rekomendasi hasil pemeriksaan kriteria yaitu barang yang ada dan spesifikasi barang sesuai dengan SPK dengan rekomendasi pengguna anggaran dapat mengajukan permohonan pencairan anggaran, segera mendistribusikan hasil pengadaan barang kepada penerima hibah, segera memanfaatkan barang yang diterima, barang ada namun tidak sesuai dengan SPK dengan rekomendasi pengguna anggaran dapat mengajukan permohonan pencairan anggaran, PPK dan PPTK agar meminta penggantian barang yang sesuai spesifikasi dalam SPK kepada penyedia barang/jasa, memberlakukan denda keterlambatan.

Kriteria volume barang direalisasikan tidak sesuai dengan SPK dengan rekomendasi pengguna anggaran dapat mengajukan permohonan  pencairan anggaran, apabila sampai dengan tanggal 31 Desember 2016 penyedia barang/jasa baru dapat merealisasikan kekurangan barang sesuai SPK maka denda keterlambatan diberlakukan apabila sebaliknya maka PPK dan PPTK menyetorkan kembali kelebihan pembayaran ke rekening kas Daerah Kabupaten Jember Sesuai volume barang.

Juga kriteria yang jika keseluruhan barang tidak ditemukan dengan rekomendasi pengguna anggaran tidak dapat mengajukan permohonan pencairan anggaran, pemberian Sanki untuk PPHP, barang yang sudah diserahkan kepada penerima hibah tidak dimanfaatkan dengan rekomendasi pengguna anggaran dapat mengajukan permohonan pencairan anggaran, penerima hibah agar segera memanfaatkan barang yang diterima, PPK dan PPTK agar melakukan monitoring dan evaluasi terkait dengan pemanfaatan barang.

Kriteria barang yang sudah diserahkan kepada penerima hibah digunakan tidak sesuai dengan fungsi barang rekomendasinya pengguna anggaran dapat mengajukan, PPK  dan PPTK menyelesaikan permasalahan tersebut.

Rekapitulasi pemeriksaan lapangan terdapat paket pekerjaan yang belum dicairkan di Disperindag Kabupaten Jember tahun anggaran 2016 berisikan

barang ada dan spesifikasi barang sesuai dengan SPK dengan jumlah paket  23, barang ada namun spesifikasi barang tidak sesuai dengan SPK dengan jumlah 15 paket, volume barang yang direalisasikan tidak sesuai dengan SPK dengan jumlah 16 paket,  keseluruhan barang tidak ditemukan dengan jumlah 3 paket,  barang yang sudah diserahkan kepada penerima hibah tidak dimanfaatkan 5 paket sedangkan yang sudah diserahkan namun digunakan tidak sesuai dengan fungsi Barang 1 paket, belum dilakukan pemeriksaan lapangan karena keterbatasan waktu 28 paket, tidak dilakukan pemeriksaan lapangan karena dokumen SPJ tidak diterima oleh tim pemeriksa 3 paket, semua paket dengan jumlah 94 paket.

Prosedur pelaksanaan hibah belum sesuai ketentuan yaitu dokumen hibah belum semuanya lengkap antara lain akta pendirian, pengesahan Kemenkumham, proposal pengajuan hibah, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Pakta integritas.

Pengguna anggaran Disperindag dan ESDM Kabupaten Jember agar melakukan monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan hibah sesuai ketentuan dan kewenangannya yaitu tidak menyerahkan barang hibah kepada penerima hibah sebelum seluruh prosedur dan mekanisme hibah telah lengkap sesuai ketentuan, untuk barang hibah yang belum dapat diserahkan kepada penerima hibah sampai dengan tanggal 31 Desember 2016 maka diakui sebagai barang persediaan dan untuk barang hibah yang sudah diserahkan namun belum memenuhi prosedur dan ketentuan hibah maka barang tersebut supaya ditarik kembali dan diakui sebagai barang persediaan.

Bupati Faida juga menyampaikan bahwa proses pencairan selesai juga karena hak penerima hibah namun akan di lakukan pada hasil pemeriksaan ini ada rekomendasi yang tidak sesuai spesifikasi dan beberapa hal lainnya akan ada audit lanjutan akan di laksanakan bersama tim ekspetorat dengan tim pengguna anggaran juga tim kejaksaan.

Bupati Faida berharap kemitraan kedepan lebih baik di mulai dengan perencanaan yang lebih baik   juga mengajak kepada segenap peserta yang hadir untuk berjuang bersama-sama, dengan melibatkan diri bersama tim karena menjaga hak masing- masing orang juga menjaga keadilan. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Berkaitan Dengan Hibah, Bupati Berpesan 3B"