Bersama Menteri PPPA, Bupati Faida Komitmen sebagai Kabupaten Layak Anak

This slideshow requires JavaScript.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menyatakan komitmennya untuk menjadi kabupaten layak anak. Sudah ada beberapa langkah untuk mewujudkannya. Bahkan sampai ke tingkat desa.

“Sudah ada perintah kepada seluruh kecamatan dan desa untuk membentuk dan memfasilitasi terselenggaranya kecamatan dan desa layak anak,” ungkap Bupati Faida di Kecamatan Ledokombo, Sabtu (22/9/2018).

Bupati Faida di Kecamatan Ledokombo bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof. Dr. Yohana Susana Yambise, Dip. Apling, MA. untuk menghadiri festival egrang yang diselenggarakan warga setempat.

Pembentukan kecamatan dan desa layak anak tersebut, lanjut perempuan pertama Bupati Jember ini, dilakukan dengan membentuk forum anak.

Sampai saat ini, sudah ada sekitar tiga kecamatan yang memiliki forum anak. Tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Puger, Kalisat, dan Ledokombo.

Sementara untuk tingkat desa, sudah ada sekitar enam desa yang memiliki forum anak tersebut. Keenan desa tersebut yakni Desa Wringintelu, Wonosari, Kalisat, Glagahwero, Sumberlesung, dan Sumbersalak.

Bupati menyatakan, pada tahun lalu Bupati Jember bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah menandatangani kesepakatan bahwa Kabupaten Jember menuju Kabupaten layak anak.

Komitmen Kabupaten Jember tersebut diwujudkan pada tahun 2018. Pada tahun ini, Kabupaten Jember mendapatkan penghargaan dari Menteri PPPA sebagai Kabupaten layak anak tingkat Pratama.

Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama tersebut, menurut Bupati Faida, merupakan satu langkah awal saja karena tahun depan akan ada komitmen untuk menjadi kabupaten layak anak tingkat Nindya atau Madya. Ini harus diraih.

Untuk mewujudkan Kabupaten layak anak tersebut, Bupati mengungkapkan akan banyak lagi sinergi dalam mewujudkan komitmen tersebut. Sinergi bersama masyarakat, pemerintah desa, pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Bersama Menteri PPPA, Bupati Faida Komitmen sebagai Kabupaten Layak Anak"