Bersinergi Dengan OPD, Tombo Ati Santuni 40 PMKS Dengan Sembako

Acara bakti sosial (Baksos) penyerahan sembako kepada 40 PMKS lansia siang tadi juga bakal disertai dengan aksi anak gemar membaca oleh organisasi peduli masyarakat yaitu “Tombo Ati” dengan tema sinergi program Lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di desa Umbulrejo kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Pada acara tersebut dihadiri oleh kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ir. Eko Heru Sunarso, Kepala Dinas Perpustakaan Ir. Merwin Lusiani, perwakilan dinas sosial, dan SKPD terkait lainnya.

Komunitas Tombo Ati yang lahir sejak tahun 2007 dari ngobrol bersama diwarung kopi, pembicaraan yang berlanjut pada kesejahteraan sosial, mengingat masih banyak warga desa Umbulrejo yang masih membutuhkan uluran tangan. Komunitas ini akhirnya membuat suatu kesepakatan untuk mengumpulkan dana guna disalurkan setiap bulannya dalam bentuk sembako dan uang khususnya bagi para lansia. Dan kedepannya akan bersinergi dengan pemerintah desa untuk lebih banyak mengumpulkan dana bagi warga yang membutuhkan didesa Umbulrejo ini.

Moh.Suhari Kepala Desa Umbulrejo menyampaikan prinsip desa ini yaitu desa damai dan senang bersama dengan potensi desa Umbulrejo ini yaitu dengan pemerintahan desa memprogramkan pemberdayaan tanaman sirih wangi dengan sasaran memanfaatkan lahan yang kosong, juga tumpangsari tanaman jeruk dan sudah disiapkan pabrik penyulingannya. “Selain itu juga, membangun 2 tempat pabrik sirup jeruk, dan penyulingan sirih wangi.” Tuturnya di sela-sela acara, Rabu (1/2/2017).

Sementara itu, Camat Umbulsari Firaz Chalid , SH menyampaikan Tombo Ati yang bergerak untuk kepedulian masyarakat yang diharapkan kedepan tidak ada lagi PMKS. Tombo Ati juga akan bergerak memperdulikan kesejahteraan pendidikan dan kesejahteraan batiniyah rumah tangga, karena kunci sukses pembangunan berasal dari rumah tangga, kades berkeinginan dan siap Tombo Ati siap menjadi pasukan pembimbing pendidikan.

Kades dan organisasi Tombo Ati akan melaksanakan sosialisasi jam 18.00 sampai jam 19.00 dengan kesepakatan mati tv agar orang tua mendidik anaknya membaca, menggerakkan wajib belajar satu jam.

Sedangkan, Ir. Daru Pranoto memberikan pengantar rencana kerja Tombo Ati bersama warga Umbulrejo yang akan dikembangkan. Pada awalnya pembangunan penyulingan sirih wangi, penanaman sirihwangi sampai pengolahan limbah sirih wangi yang sangat berpotensi. Kelanjutannya dari limbah tersebut akan dikembangkan industri jamur sirihwangi, jamur sirihwangi belum pernah ada dimana mana, dan yang ada di penyulingan sirih wangi dan mutu nya melebihi kualitas jamur lainnya.

Ir. Eko Heru Sunarso menyampaikan untuk desa Umbulrejo tidak diragukan sama sekali, karena pemuda ya tidak ada yang menjadi perusuh, tidak hanya menilai, melihat, menyalahkan, tapi didesa Umbulrejo berbuat. Seperti yang disampaikan bupati baik tujuannya benar hukumnya betul caranya,jika sekarang sudah jelas tidak diragukan lagi baik dari SDM, potensinya akan dibantu itu. “saya cinta Umbulrejo, yang katanya diameternya 2km tetapi luar biasa”, ujarnya. (Mutia)

No Response

Leave a reply "Bersinergi Dengan OPD, Tombo Ati Santuni 40 PMKS Dengan Sembako"