Jember Kota Pandhalungan

Besok, SMAN 1 Jember Gelar Kreasi Seni Siswa

Hajatan kreasi seni dua tahunan kembali digelar oleh SMAN 1 Jember. Acara yang bernama KIRANA (Kibaran Seni Kreasi Arek Smasa) XV ini akan diadakan di Edelweiss Grand Ballroom Hotel Cempaka, Sabtu (12/11/2016) pukul 18.30 WIB. Acara ini sendiri merupakan acara seni murni hasil kreasi dari siswa-siswi SMAN 1 Jember.

Menurut Waka Urusan Kesiswaan, Wiwik Astutiningsih, S.Pd dalam acara seni ini diadakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk menampilkan budaya Indonesia yang mencakup seluruh sendi kehidupan masyarakat. Selain itu, KIRANA ditujukan untuk menonjolkan segi non-akademis dari sekolah, mengingat selama ini SMAN 1 Jember dikenal dengan prestasi akademisnya. KIRANA yang ke XV sendiri nantinya akan menampilkan semua ekskul yang dimiliki oleh SMASA. “Semuanya akan dimasukkan. Ada ekskul Paskibra, Teater Q-Sa, Katara (Tari), Bias (Jurnalistik), Paduan Suara, dan sebagainya. Jadi acara ini adalah representasi dari potensi seni siswa dan juga budaya masyarakat,” ujar Wiwik saat ditemui di kantornya, Jumat (11/11/2016).

Seluruh kepanitian juga diserahkan kepada siswa-siswa agar menjadi pembelajaran dan pengalaman dalam menggelar sebuah acara. “Semuanya dari kita sendiri. Siswa-siswa perlu belajar untuk ini. Penampil juga dari siswa. Kita di sini akan menggali potensi seni siswa. Diharapkan ini nanti akan menjadi bekal bagi siswa untuk hidup bermasyarakat,” imbuh Wiwik.

KIRANA XV tahun ini tampil dengan tema besar ‘Lutung Kasarung’ yang merupakan cerita rakyat Indonesia. Dalam menampilkan kreasi seninya, seluruh penampil akan berpatokan pada tema besar tersebut. “Di sini kami mengajarkan pada siswa bahwa kita harus mencintai budaya Indonesia. Kita harus mengangkat cerita rakyat Indonesia yang mulai ditinggalkan. Selain itu, dalam kisah Lutung Kasarung juga terdapat pesan moral bahwa niat buruk akan mengarahkan kita pada hasil yang buruk,” imbuh Guru Bahasa Indonesia ini.

Berbagai macam jenis kesenian akan tampil dalam KIRANA XV. Beberapa di antaranya adalah tari, teatrikal, dan musik. Dalam tari sendiri akan ada Tari Kera, Tari Prajurit, dan Tari Rakyat. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa untuk mempelajari kembali nilai-nilai dan norma sosial masyarakat sendiri. “Kreasi ini merupakan dari siswa, oleh siswa, dan untuk masyarakat,” pungkas Wiwik. (*f3)

No Response

Leave a reply "Besok, SMAN 1 Jember Gelar Kreasi Seni Siswa"