BPBD JEMBER BERI BANTUAN PADA KORBAN BENCANA

Meski baru terbentuk dan menempati kantor Bekesbangpol & Linmas sebagai kantor sementara Badan Penanggulangan Bencana (BPBD). Namun tidak menyurutkan semangat dari Suhanan, Spd, yang dilantik sebagai Kepala BPBD Jember, 9 Januari yang lalu oleh Bupati Jember, MZA Djalal.

Dari sisi kesekretariatan, Suhanan saat ini masih dibantu seorang sekretaris dan tiga kepala bidang, yakni Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bidang Logistik dan Pendataan, dan Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana, serta 15 staf baru di BPBD Jember.

Suhanan mengakui keterbatasan ini. Namun, ia mengaku sudah bekerja sejak awal dilantik tanpa dikungkung masalah keterbatasan itu. Salah satunya adalah turun menangani bencana di Watu Ulo. “Di Ambulu, kami sudah memberikan bantuan lima ton beras,” katanya. Soal anggaran dana, BPBD mendapat kucuran dana sebesar Rp 2,8 miliar dari APBD 2013. hal ini dikatakan oleh Suhanan, saat mengunjungi lokasi bencana di Kecamatan Ambulu bersama-sama dengan Bupati Jember, MZA Djalal, yang di dampingi oleh beberapa pejabat SKPD terkait, beberapa hari yang lalu.

Suhanan mengatakan meski dirinya bersama jajaran masih belum bisa memastikan kantor mana yang akan ditempati sebagai kantor BPBD, namun dirinya bersama jajarannya siap untuk memberikan keperluan-keperluan yang dibutuhkan oleh korban bencana. Hal ini dibuktikan, lanjutnya, untuk bencana sapuan angin yang terjadi di Kec. Ambulu. Pihak BPBD Jember telah mengucurkan bantuan beras sebanyak 5 ton bagi korban bencana.

Untuk itu, Suhanan meminta agar masalah kesekretariatan tidak usah menjadi masalah, yang terpenting bagaimana masyarakat jember yang menjadi korban bencana ini bisa tertangani secara cepat dan tepat. “nggak mempermasalahkan kantor, yang penting apa yang telah menjadi tupoksi BPBD itu yang kita jalani. Dan paling penting lagi korban bencana ini bisa segera di tangani, mulai dari bantuan materialnya sampai dengan bantuan psikisnya”, pungkasnya. (tgh/hms)

No Response

Comments are closed.