Jember Kota Pandhalungan

BPJS Jamin Pelayanan Kesehatan Kepada Pemudik Yang Sakit

Sosialisasi mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan cabang Jember diselenggarakan pagi tadi, Rabu (29 Juni 2016), di aula BPJS Kesehatan Cabang Jember. Acara ini secara langsung yang dihadiri Kepala BPJS cabang Jember, Tania Rahayu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. H. Arwan, perwakilan dari Dinas Kesehatan Jember, perwakilan-perwakilan dari rumah sakit di kabupaten Jember dan Lumajang.

Jelang lebaran 2016, BPJS Kesehatan permudah prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta yang mudik. Hal ini menurut Tania, sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal penjaminan pelayanan kesehatan. BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional /JKN -KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas. Oleh karenanya para peserta jaminan Kesehatan Nasional /JKN -KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN -KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas).

“Peserta JKN -KIS yang sedang mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat untuk prosedurnya peserta JKN -KIS dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh kantor cabang,” kata Tania Rahayu dalam konferesi persnya dengan tema mudik nyaman selama dikampung halaman bersama BPJS Kesehatan.

Menurut Tania, kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN – KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ketujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke kantor cabang BPJS kesehatan setempat ataupun mengunjungi e-KTP sementara. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang berstatus aktif, karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaanya selalu aktif, untuk mengecek iuran peserta dapat dilakukan melalui website www.bpjskesehatan.go.id pada menu Cek Iuran Peserta atau melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile,” tuturnya.

Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dan hotline service kantor cabang diseluruh Indonesia, dapat dilihat Website BPJS Kesehatan .

Taniapun menegaskan bahwa selama peserta BPJS Kesehatan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan BPJS kesehatan juga telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta di masing masing wilayah .

Selain itu BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik di 5 titik padat pemudik, yaitu pelabuhan Merak Banten, Terminal Kampung Rambutan Jakarta,Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, posko mudik tersebut menyediakan pelayanan kesehatan, obat obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik. (Mutia)

No Response

Leave a reply "BPJS Jamin Pelayanan Kesehatan Kepada Pemudik Yang Sakit"