Jember Kota Pandhalungan

BPJS Mencegah Sakit dengan Mobile Screening

Mengobati tidak akan membuat Indonesia menjadi sehat. Mencegah agar tidak sakit adalah langkah terbaik. Karena itu, pendeteksian arah sakit perlu dilakukan. Langkah preventif ini dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dengan meluncurkan mobile screening.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember Tanya Rahayu mengatakan manfaat fitur ini adalah deteksi dini terhadap penyakit atau arah sakit yang bisa dicegah. “Ada empat, ke arah diabetes, ke arah hipertensi, jantung atau ginjal,” tuturnya kepada sejumlah wartawan, Rabu (1/2/2017), di kantornya.

Tujuannya hanya satu, yakni agar tidak terjadi sakit yang datang tiba-tiba. Sebab, apabila diketahui ketika sudah terjadi saat komplikasi maka lebih berat dalam pengobatan. “Lebih baik mencegah daripada menobati,” tuturnya.

Langkah pengobatan setelah saat sakit, lanjut Tanya Rahayu, tidak akan membuat Indonesia menjadi sehat. Pencegahan ini diharapkan mampu untuk menurunkan angka cuci darah, yang menjadi “terminal” sakit. “Dengan perilaku hidup sehat akan membuat Indonesia lebih sehat, dan dari sisi pembiayaan tentu lebih murah,” ujarnya.

Setelah melakukan screening menggunakan fitur mobile screening, seseorang bisa langsung mengetahui hasilnya. Hasil skrining meliputi risiko rendah, sedang, dan tinggi. Hasil ini kemudian ditunjukkan kepada dokter.

Setelah dicek dokter ternyata sehat, benar-benar tidak ada risiko sakit seperti dalam skrining, maka minimal enam bulan sekali peserta BPJS berkunjung ke dokter untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. “Tujuannya agar terhindar dari sakit yang tidak diharapkan,” ujarnya.

Mobile screening ini untuk mendeteksi empat arah sakit, yakni diabetes, hipertensi, jantung, dan ginjal. Fitur ini bisa diunduh melalui telepon android. Berisi berbagai pertanyaan yang harus diisi secara jujur untuk mendapatkan hasilnya.
Sebelumnya BPJS telah melakukan skrining secara manual, yakni peserta BPJS mengisi formulir skrining. “Karena tidak semua memiliki android, maka screening manual tetap kami lakukan,” ungkapnya. Screening manual dapat dilakukan di kantor BPJS terdekat. (*F2)

No Response

Leave a reply "BPJS Mencegah Sakit dengan Mobile Screening"