HUT TNI 71

BPJS Paparkan Berbagai Program Perlindungan Kepada Bupati Jember

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR menghadiri audiensi bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan yang menyampaikan materi tentang perlindungan jaminan sosial untuk pegawai Pemerintah non ASN. Pada acara tersebut juga dihadiri segenap jajaran OPD terkait dan bertempat di ruang rapat Pemkab Jember, Jum’at (3/2/2017).

Tim dari BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan paparannya yaitu jembatan menuju kesejahteraan pekerja Indonesia, jaminan sosial untuk pegawai pemerintah non pegawai negeri, dari dasar hukum instruksi bupati nomor : 2/inst/012/2014 : pelaksana program BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan di Kabupaten Jember. BPJS kesehatan, jaminan kesehatan untuk tenaga kerja pemberi kerja dan pekerja, PNS/TNI polri, penerima bantuan iuran penduduk miskin dan tidak mampu, untuk BPJS ketenagakerjaan meliputi jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun.

Peserta BPJS ketenagakerjaan yaitu peserta penerima upah (PU), peserta bukan penerima upah (BPU), perlindungan bagi pegawai pemerintah Non ASN meliputi pegawai Non ASN di SKPD, guru non ASN disekolah, tenaga kebersihan, kepala desa dan perangkat desa, tenaga ahli desa, pendamping desa, pendamping lokal desa, tenaga pengelola BUM desa.

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kecelakaan yang terjadi akibat hubungan kerja, kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan pulang pergi ketempat kerja, termasuk penyakit yang timbul karena adanya hubungan kerja.

Manfaat kecelakaam kerja, Jaminan Kecelakaan Kerja, tentang transportasi, biaya pengobatan/perawatan, STMB dengan dampaknya sembuh (kembali bekerja), cacat (cacat anatomis, dab cacat fungsi).

JK (Jaminan Kematian) peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja, dimaksudkan untuk meringankan beban keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaian maupun santunan uang. Jaminan Hari Tua (JHT) dengan prinsip tabungan untuk bekal hari tua merupakan akumulasi iuran dan hasil pengembangan diberikan secara sekaligus atau berkala, manfaat subsidi bunga perumahan.

Kriteria Penerima manfaat yaitu mencapai usia pensiun (termasuk peserta yang berhenti bekerja) atau meninggal dunia atau cacat total tetap, peserta berhenti bekerja termasuk resign, PHK, meninggalkan Indonesia.

Prestasi Nasional BPJS ketenagakerjaan Jember 2016 juara II IGA Nasional (Internal Governance Award) 2016, juara I KPI Nasional Kelas Pertama A (Key Performance Indikator) 2016).

Sementara itu, berkaitan dengan ngantor di Desa BPJS Ketenagakerjaan turut ikut dan berterimakasih kepada Pemkab untuk segenap dukungan kepada BPJS Ketenagakerjaan Jember.

Setelah paparan selesai di jelaskan oleh tim BPJS Ketenagakerjaan, Bupati Faida menyampaikan bahwa sudah lama di stimulir untuk urusan ini dan telah teregulasi juga mengenai kebutuhan dasar SDM di Pemkab Jember harus di penuhi karena regulasi.

Maka diminta oleh Bupati Faida kepada segenap jajaran untuk mendata seluruh pegawainya khususnya pegawai Pemkab Jember yang belum tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk di lengkapi datanya dan di serahkan kepada Bupati agar dapat segera di putuskan dan di daftarkan dalam anggaran karena hak pekerja harus terpenuhi yang mana saat ini telah di rundingkan langsung bersama tim dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dan mengenai ngantor di Desa Bupati Faida mengajak BPJS Ketenagakerjaan berjalan ke Desa untuk melayani masyarakat, maka diminta kepada tim BPJS Ketenagakerjaan untuk menunjuk pegawai tetapnya sebagai pegawai tetap yang turun ke Desa.

Adanya peningkatan pekerja nonformal yang tercover instansi BPJS Ketenagakerjaan maka target menjadi jelas dan setiap turun ke Desa Bupati Faida meminta BPJS Ketenagakerjaan untuk menyerahan peningkatan data yang di peroleh setiap bulannya sehingga hasilnya dapat di evaluasi bersama bagaimana sistim kerja ataupun tekniknya.

BPJS Ketenagakerjaan diminta juga untuk menyiapkan segera sedikit materi tentang asuransi secara singkat dan sederhana cukup beberapa alenia agar dapat di mengerti tim kesenian yang turun ke lapangan untuk di buatkan puisi atau lantunan sehingga skenario dapat tersusun dan menjadi padu yang mana tim kesenian juga menjadi marketing dari BPJS.

“Bagaimana tenaga kerja Pemkab tercover dengan baik dan selamat untuk prestasi yang di dapat.” Tutur Bupati. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "BPJS Paparkan Berbagai Program Perlindungan Kepada Bupati Jember"