Jember Kota Pandhalungan

Buber, Bupati Manfaatkan Teknologi Informasi dan Teleconference Dengan Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Jember, kembali mengadakan Kegiatan Buka Bersama dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an, 1437 H Bupati Jember, 1437 H di Aula PB Sudirman, Gedung Pemkab Jember, Buka Bersama ini berbeda dengan buka bersama sebelumnya, dimana kegiatan ini berjaring dan tercentral, menggunakan teknologi Internet dan Interaktif dengan dua kecamatan, yakni Kecamatan Silo dan Kecamatan Tanggul, dan disiarkan secara langung di 3 titik Kecamatan, yakni Kecamatan Tempurejo Kalisat dan Panti , yang dipublikasikan secara langsung juga oleh www.jemberfestival.com.

Buka puasa bersama ini dihadiri oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., Wakil Bupati Jember Drs KH. Muqit Arief, Penceramah sekaligus Pengasuh Ponpes Riyadus Sholihin KH .Musodiq Fikri, Forkompimda atau yang mewakili, Ketua Ormas-ormas Keagaman, Ketua ormas kewanitaan, dan sejumlah Kepala SKPD Kabupaten Jember.

Perlu diketahui acara ini didukung dengan adanya penggunaan teknologi Informasi yang sangat berguna dan tidak bisa dihindari terutama untuk administrasi pemerintahan, pengarsipan dokumen-dokumen pemerintah, pendidikan, industri, dan berbagai kegiatan organisasi kemasyarakatan, teknologi memilik peran sangat penting untuk dunia pemerintahan dan pendidikan. Manfaat IT untuk kegiatan pemerintahan akan memberikan dampak yang besar bagi keberlangsungan kegiatan pemerintahan juga manfaatnya untuk jaringan terpadu dari dinas-dinas ke Pemkab, koneksi simetris, sistim aplikasi online dan server mandiri.

Tujuan strategis dari acara buka bersama meperingati Nuzulul Quran 1437 H ini yakni sebagai syar’i dan media dakwah tentang Nuzulul Quran, membangun perilaku masyarakat dengan tuntunan Al-Qur’an, membangun persatuan umat setelah pemilihan Kepala Daerah, menjadikan masyarakat Jember lebih religi sebagai penompang pembangunan daerah.

“Bagaimana acara ini bisa menyambung silaturahim di 5 Kecamatan, mudah-mudahan kedepan bisa menyambung di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember,” Harap Bupati dalam sambutannya.

Bupati Faida juga menambahkan, momentum hari ini memberi semangat tersendiri bagi kita semua, Nabi Muhammad SAW teladan kita semua beserta para pengikutnya. Mudah-mudahan mendapat syafaat dari beliau, petunjuk bagi kita tiada lain tiada bukan adalah Al-Qur’an, kalau ingin selamat di dunia perlu Ilmu, dan paling utama ilmu untuk akhirat, semangat nuzulul qur’an sebagai satu titik momentum menjadikan kita semua sadar bahwa Al-Qur’an sumber dari segala ilmu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Faida juga mengingatkan terkait dengan Zakat Infak dan Shodakoh. Dimana pada momentum Ramadhan ini pula yang tepat untuk berzakat, shodakoh, bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Jember untuk segera membayarkan zakatnya melalui Lembaga Amil Zakat yang tersedia di Kab. Jember. Sementara itu Pemkab Jember sendiri juga sedang merintis lahirnya badan amil zakat yang mudah-mudahan segera terwujud untuk mewadahi penyaluran zakat. “Kalau kita semua bergerak dengan tuntunan Al-Quran, semangat sosial kita akan menyelesaikan masalah-masalah kerja di Kab. Jember, mudah-mudahan mendapat ampunan dari Allah SWT, dan dapat melanjutkan ibadah dan menjadi pemenang ramadhan sampai tuntas”. Tambahnya.

Sementara itu, Gus Fikri dalam tausiahnya juga mengungkapkan kebahagiannya dapat bersilaturahim dan berkumpul di acara majelis ini di Pemkab Jember, Gus Fikri menyatakan diberi nasehat Bupati Faida, “hidup harus terus berlangsung the show must go on”, Gus Fikri yang mengalami sakit diusia 25 tahun, berusaha menerima menerima ujian itu. “Kita mengharap banyak Jember Baru dan Jember lebih baik ditangan Bupati dan wabup ini, Gus Fikri juga menyampaikan bantuan pondok sangat diperlukan, salah satu tanda puasa diterima adalah dengan kita loman atau suka memberi dan bertaqwa,” Imbuhnya.

Acara berlangsung khidmat dan berjalan lancar, selanjutnya setelah membatalkan puasa bersama dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah, ramah tamah (buka bersama), sambil Bupati menyapa secara Interaktif kepada 2 Kecamatan, yakni Tanggul dan Silo. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah. (Mutia)

No Response

Leave a reply "Buber, Bupati Manfaatkan Teknologi Informasi dan Teleconference Dengan Kecamatan"