Jember Kota Pandhalungan

Bulog Siap Penuhi Permintaan Sembako e-Warung

Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre XI Jember siap memenuhi permintaan sembako dari pemilik Warung Elektronik (e-Warung) di Kabupaten Jember.

Program e-Warung merupakan program Kementerian Sosial RI. Sementara Bulog ditunjuk menjadi penyedia empat komoditi yakni Beras, Gula, Tepung Terigu dan Minyak Goreng.

“Kami mengirimkan empat komoditi itu sesuai dengan PO (Purchasing Order) dari KMIS (Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera). Setelah ada permintaan via email detail per item, kami kirimkan barang tersebut ke e-Warung yang disebutkan,” kata Kepala Bulog Subdivre XI Jember Khozin, Selasa (15/11).

Secara teknis, setelah Bulog mengirimkan barang yang dimaksud, selanjutnya Bulog akan membuat berita acara. Kemudian, bukti berita acara dan permintaan via email itu akan dikirim balik kepada KMIS yang berada di Jakarta.

“Bukti administrasi itu untuk penagihan kepada KMIS selaku pihak yang ditunjuk Kemensos dalam program e-Warung ini. Koordinasi Bulog bukan langsung dengan pemilik warung, melainkan hanya dengan KMIS,” tuturnya.

Berdasarkan data, saat ini baru terbentuk dua e-Warung di Kabupaten Jember yakni di Kecamatan Jelbuk dan Kecamatan Mayang. Dari dua warung tersebut, jumlah transaksi sebesar Rp 6 juta.

“Rinciannya, yaitu Beras harga Rp 7.800 sebanyak 300 kg, beras harga Rp 8.500 sebanyak 200 kg, gula 100 kg, tepung terigu 100 kg dan Minyak Goreng 100 liter,” sebut Khozin.

Ia menerangkan, persediaan Bulog untuk memenuhi permintaan e-Warung sangat mencukupi. Komoditi beras kualitas premium didapat dari hasil penyerapan beras petani Jember yang ditargetkan sebanyak 75.000 ton untuk tahun 2016 ini.

“Untuk komoditi gula kami disuport oleh PTPN X dan PTPN XI. Sementara Tepung Terigu dan Minyak Goreng disediakan oleh Bulog Jawa Timur yang berkantor di Surabaya,” tandasnya. (*f1)

No Response

Leave a reply "Bulog Siap Penuhi Permintaan Sembako e-Warung"