Bupati Ajak Semua Elemen Masyarakat Berperan Aktif dalam Aksi RANHAM

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., mengajak seluruh elemen masyarakat, mulai dari unsur lembaga sosial masyarakat, kepala desa, tokoh masyarakat serta agama dan lainnya, bisa berperan aktif dalam setiap Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (RANHAM). Bupati berharap, Jember benar-benar menjadi kota yang layak HAM.

“Melibatkan para kades, juga LSM untuk berprean aktif dan terlibat langsung menjadi bagian penting di setiap rencana aksi hak asasi manusia di Kabupaten Jember,” ujar Bupati Faida, dalam acara Peningkatan Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) di Kabupaten Jember tahun 2017, di aula PB. Sudirman Pemkab Jember, Rabu (27/12/2017).

Kepada panitia serta seluruh yang hadir pada acara itu, bupati juga berpesan, agar forum ini dapat benar-benar bisa menggerakkan rencana aksi dengan sungguh-sungguh. Sehingga dalam rencana pembangunan di wilayah maupun di desa tetap mengacu pada komitmen kabupaten yang layak HAM.

“Soal hak asasi manusia bukanlah soal sektoral. Oleh karna itu, marilah bersama-sama menegakkan HAM. Perempuan, anak dan yang lemah sering menjadi penindasan atas hak asasi manusia. Dengan posisi kita saat dalam keadaan sehat, kewenangan serta cukup, marilah kita sukseskan RANHAM Kabupaten Jember ini dengan sebaik-baiknya,” ajak bupati.

Dikatakan bupati, Kabupaten Jember yang mendapat sertifikat untuk kota peduli HAM harus ditinjaklanjuti dengan rencana 5 tahunan. Sebab itu, untuk periode awal ini, bupati berharap forum ini bisa membuat rekomendasi dan membuat RANHAM yang lembaganya harus lebih baik dari sebelumnya. Selain juga harus lebih implementatif yang bias dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Dengan mengimplementasikan amanat hak asasi manusia, bukan hanya sekedar bisnis, bahwa setiap orang memiliki hak untuk hidup layak dalam keadaan aman dan damai,” tuturnya. (Izza, Indra GM)

No Response

Comments are closed.