Bupati Akan Segera Tindak Lanjuti Hasil Open Biding

Meski masih harus menunggu hasil akhir penentuan jabatan untuk Sekretaris Daerah dan 5 Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama (PJPT), namun dari rekomendasi yang disodorkan tim panitia seleksi kepada Bupati Jember, setidaknya sudah ada kandidat kuat untuk mengisi jabatan-jabatan tersebut. Hasil open biding untuk pengisian jabatan Sekda Jember dan lima PJPT ini, akan dikoordinasikan dengan Kemendagri dan Gubernur Jatim.

Beberapa jabatan yang dilelang sejak bulan Juni lalu, antara lain Sekda, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten (Bapekab), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil), Direktur RSU dr Subandi, Dinas Perikanan dan Kelautan (Disperikel), dan Dinas Perumahan Rakyat dan Cipta Karya. Untuk jabatan Sekda, dari hasil rapat pleno tim seleksi, merekomendasi tiga nama untuk diajukan kepada Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR. Penentuan dari tiga nama oleh Bupati Jember ini, masih harus dikoordinasikan dengan Gubernur Jawa Timur.

Tiga orang calon sekda yang direkomemdasi tim seleksi, menurut Drs. Anselmus Tan, M.Pd, Ketua Panitia Seleksi (Pansel), mendapat nilai di atas rata-rata passing grade, yakni 75. Ketiga calon sekda tersebut juga sudah menjalani test administrasi, pembuatan makalah, assesment dan wawancara.

“Bupati memiliki hak preferensi saat mengajukan nama itu kepada gubernur. Siapa yang dikehendaki tentu harus dikoordinasikan dengan gubernur, ” jelas Drs. Anselmus Tan, M.Pd, Ketua Panitia Seleksi (Pansel), dalam konferensi yang diikuti seluruh anggota Pansel dan Bupati Jember, dr. Hj. Faida. MMR, di ruang tunggu VIP Bandara Notohadinegoro Jember, Minggu (17/12/2017).

Untuk pengisian jabatan Direktur RSU dr Subandi, sepenuhnya ditentukan oleh Bupati. Demikian halnya dengan jabatan Kepala Bappekab, Bupati berhak untuk menentukan satu dari tiga nama yang direkomendasikan panpel.

Sedang untuk jabatan Kepala Dispenduk Capil, Bupati bersama Wakil Bupati akan berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri. Sedang dua jabatan lainnya, yakni Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Cipta Karya serta Dinas Perikanan dan Kelautan, panitia seleksi menyerahkan sepenuhnya kepada Bupati Jember. Semua calon dari kedua dinas itu menurut Ketua Pansel, tidak cukup memenuhi syarat untuk mengisi jabatan sebagai pimpinam dari suatu OPD.

Berkaitan dengan hasil open biding yang diajukan panitia seleksi, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, mengatakan, hasil seleksi yang sudah diterimanya akan segera ditindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama Wakil Bupati. Tindak lanjut ini dimaksudkan untuk menentukan pejabat definitif.

“Untuk Sekda kita bersama Wabup akan ke gubernur, sedangkan yang kadispenduk akan ke kemendagri langsung,” terang Bupati Faida.

Seperti diketahui, proses lelang jabatan (open biding) untuk mengisi beberapa jabatan yang kosong di lingkup Pemkab Jember, sudah dilaksanakan sejak bulan Juni 2017 lalu. Tim seleksi yang menguji calon pejabat untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong terdiri dari beberapa ahli dari berbagai disiplin ilmu. (Mutia, Indra GM)

 

 

No Response

Comments are closed.