Download Logo HUT RI 72

Bupati Apresiasi Aspirasi Warga Terkait Pengesahan APBD 2017

HUT RI 72

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., memberikan apresiasi kepada ratusan warga yang datang ke Kantor Pemkab Jember guna menyampaikan aspirasi agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 segera disahkan.
“Saya sendiri prihatin dengan polemik-polemik yang digulirkan, yang mengatakan APBD akan kembali ke anggaran 2016. Yang berarti mimpi-mimpi masyarakat untuk jalan-jalan dibangun, sekolah-sekolah diperbaiki, menjadi terhambat. Masyarakat pun menjadi resah,” ujar Bupati di hadapan massa yang berada di Alun-alun Jember, Kamis (26/1/2016).

Bupati pun mengajak semua kalangan, tokoh masyarakat dan media massa untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya, sehingga masyarakat tidak perlu resah terhadap sesuatu yang tidak perlu terjadi.

Sebagai pemimpin, Bupati menyatakan tidak akan berhenti untuk memperjuangkan mimpi-mimpi masyarakat, apapun yang terjadi. Masyarakat pun punya hak untuk memperjuangkan nasibnya sendiri.

Kepada massa, Bupati menjelaskan telah rapat dengan partai pendukung dan anggota dewan koalisi. Disepakati untuk mengawal program-program pemerintah Kabupaten Jember agar segera dapat dinikmati rakyat Jember.

Saya tidak akan melarang teman-teman untuk melanjutkan perjuangan ke gedung dewan. Saya anggap ini dukungan moril kepada Pemerintah Kabupaten Jember, bukan hanya kepada bupati dan wakil bupati,” tutur Bupati perempuan pertama Jember ini.

Dukungan moril tersebut, lanjut bupati, juga ditujukan kepada DPRD Jember untuk tetap teguh mengawal kepentingan rakyat, bukan kepentingan yang lain. “Beri semangat juga kepada teman-teman kita, wakil kita yang kita hormati di gedung DPRD Kabupaten Jember, untuk berani lantang menyuarakan kebenaran,” lanjutnya.

Bupati menjelaskan, polemik yang terjadi hingga menghambat berjalannya APBD 2017 adalah polemik penilaian legalitas secara hukum pejabat Plt Sekretaris daerah saat ini. “Hal tersebut sudah kita tunjukkan dasar hukumnya, dan sudah dikonsultasikan kepada Gubernur Jawa Timur dan sudah dijawab oleh Gubernur Jawa Timur secara formil, dengan surat jawaban,” ungkap bupati.

Dalam surat tersebut, lanjut bupati, sudah dijelaskan bahwa Plt Sekda Kabupaten Jember secara hukum legal. Plt sekarang legal untuk menandatangani APBD 2017, memimpin tim anggaran di Kabupaten Jember. “Ini tidak perlu dipolemikkan lagi,” jelasnya.

Gubernur juga menjawab bahwa Plt Sekda boleh menandatangani APBD 2017. APBD juga boleh ditandatangani oleh bupati. “Oleh karenanya, saya tidak pernah berkeberatan , karena menandatangani APBD 2017 adalah menandatangani mulainya pembangunan masyarakat Jember,” ujarnya.

Bupati berharap, gerakan moril warga bukan untuk memecah belah para anggota dewan atau memecah belah DPRD dengan bupati dan wakil bupati. Justru gerakan ini memperkuat Forkopimda di Kabupaten Jember.

“Memang sekali-kali rakyat perlu berteriak mengingatkan para pemimpinnya. Saya berterima kasih kepada semua yang hadir, yang telah berpanas-panas, yang datang dari ujung-ujung dan pelosok-pelosok. Mudah-mudahan Allah meridhoi ikhtiar kita semuanya,” ujar bupati.

Korlap aksi Fathorrozi menyatakan, kedatangan massa bertujuan menyampaikan aspirasi terkait belum ditandatanganinya APBD 2017 oleh DPRD Jember. “APBD Jember 2017 harus segera ditandatangani oleh DPRD Jember, karena itu terkait dengan hajat hidup dan pembangunan masyarakat Jember,” ujar Fathorrozi dalam siaran persnya.

Dijelaskannya, rakyat Jember sangat menunggu realisasi APBD 2017, karena di APBD itu program-program pembangunan Jember dapat dilaksanakan. Apalagi saat ini masih banyak problematika rakyat Jember yang harus diselesaikan, seperti pendidikan, ekonomi, pertanian, infrastruktur, kesehatan.

Setelah mendapat penjelasan dari Bupati, massa kemudian berjalan kaki menuju gedung dewan. Mereka berjalan kaki dengan pengawalan aparat Kepolisian Resort Jember yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo. (*f2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Bupati Apresiasi Aspirasi Warga Terkait Pengesahan APBD 2017"