Jember Kota Pandhalungan

Bupati Apresiasi Kinerja dan Dedikasi Panwaslih

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pilkada Kabupaten Jember yang telah menjalankan tugas dengan baik. Hal ini disampaikan bupati saat audiensi di ruang rapat Pemkab, Selasa (2/8/2016).

“Atas nama Pemkab Jember, kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya,” ujar Bupati. Tugas Panwas, lanjut Bupati, sangat berat. Dilakukan sebaik apapun tetap berat.

Menjalankan tugas berat tersebut tentu menjadi pengalaman yang sangat berharga. “Pengalaman ini jangan hilang begitu saja. Saya kira perlu ditulis. Eman bagi yang tidak mengetahui pengalaman itu,” tuturnya.

Tulisan pengalaman tersebut bisa menjadi sarana edukasi terhadap masyarakat terkait pesta demokrasi. Tulisan itu juga tentu berguna bagi peserta pemilu. Dan bisa menjadi sumbangan yang berarti bagi pengembangan demokrasi.

Sementara itu, mantan Ketua Panwaslih, Dima Akhyar menyampaikan bahwa tugas mereka telah berakhir. Kelembagaan Panwaslih Jember juga telah dibubarkan. Karena itu, pihaknya menyampaikan laporan sekaligus berpamitan.

Dima pun menyampaikan ada empat fokus dalam pengawasan yang menjadi catatan selama menjalankan tugas pengawasan Pilkada. Empat hal itu bisa menjadi sebuah rekomendasi untuk perbaikan perjalanan pengawasan pemilu.

Pertama yakni KPU dan jajarannya ke bawah. “Ada peran pemerintah daerah. Misalnya SDM, sekretariat maupun pembentukan jajarannya ke bawah. Pemerintah punya peran yang besar, yang sering tidak dilakukan secara maksimal. Sehingga SDM yang dihasilkan tidak maksimal berpengaruh pada hasil-hasil tugas yang dibebankan pada mereka,” ujar Dima.

Kedua, menyangkut aturan. Pada Pilkada lalu memakai undang undang baru, Pilkada serentak yang pertama. Peraturan baru tersebut membuat banyak hal yang harus disesuaikan. “Penyesuaian tersebut menjadi pengalaman terberat kami,” ujar Dima yang didampingi Ely.

Ketiga terkait pemilih. Pemilih sebenarnya telah memiliki pengalaman. Namun, karena peraturan yang berubah mempengaruhi partisipasi pemilih. Seperti sosialisasi yang sebelumnya oleh peserta pemilu menjadi dilakukan oleh KPU. “Hal ini yang menyebabkan partisipasi drop sampai 50 persen,” ungkapnya.

Terakhir adalah peserta, yang telah terbiasa dengan peraturan peraturan sebelumnya. Namun karena ada peraturan baru membuat mereka melakukan sesuatu yang semestinya tidak terjadi.

Selain Dima, komisioner lainnya yang hadir yakni Elya Angraini. Serta tiga orang staf kesekretariatan Panwas. Sementara Bupati didampingi Plt. Sekkab, Drs. Bambang Haryono, Asisten Pemerintahan, Drs. Sigit Akbari MSi, Kepala BKD, Joko Santoso SH, serta pejabat lainnya. (*F2)

No Response

Leave a reply "Bupati Apresiasi Kinerja dan Dedikasi Panwaslih"