Bupati : Bantulah Tetangga Miskin Dapatkan KIS

Saling membantu adalah kebaikan. Apalagi soal kemanusiaan. Membantu pun bisa dengan cara sederhana. Seperti membantu tetangga yang miskin untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Jika ada tetangga yang termasuk kriteria mendapatkan KIS gratis tetapi belum terdata agar dibantu dan diarahkan pengurusannya,” pesan dr. Hj. Faida, MMR., Selasa (10/4/2018).

Pesan itu disampaikan Bupati Jember ini dalam sosialisasi dan penyerahan KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) kepada 3.725 kepala keluarga.

Penyerahan KIS oleh bupati memasuki hari kedua. Ada tiga pondok pesantren yang menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan bertema Jember Sehat untuk Semua itu.

Pertama berlangsung di Ponpes Bustanul Ulum, Bulugading, Langkap, Kecamatan Bangsalsari. Ada 1.141 kepala keluarga dari Kecamatan Bangsalsari dan Rambipuji menerima KIS.

Kedua di Ponpes Miftahul Huda, Kecamatan Sumberbaru. Penerima kartu asuransi kesehatan itu sebanyak 1.433 kepala keluarga berasal dari Kecamatan Tanggul, Sumberbaru, dan Semboro.

Kemudian di PP Al Islah, Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari. Bupati memberikan KIS secara simbolis untuk 1.141 kepala keluarga dari Kecamatan Umbulsari, Kencong, dan Jombang.

Bupati kembali mengingatkan masyarakat agar membantu warga miskin. Termasuk jika ada warga miskin yang sakit tetapi belum memiliki KIS.

Warga miskin yang belum memiliki KIS bisa menggunakan SPM (Surat Pernyataan Miskin), yang bisa digunakan di tiga rumah sakit pemerintah dan satu rumah sakit swasta, yakni RS dr. Soebandi, RS Balung, RS Kalisat, dan RS Bina Sehat.

“Karena sejatinya rumah sakit harus bisa menjadi istananya kaum duafa,” tutur bupati.

Salah seorang penerima KIS, Mimin Sriwiyani, mengungkap rasa senangnya. Perempuan yang tinggal di Desa Gunungsari, Kecamatan Umbulsari, ini menyatakan mendapatkan kemudahan untuk berobat.

Penyerahan KIS oleh bupati ini juga dirasakan sebagai pelayanan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Saat diwawancarai terkait kesannya tentang KIS, perempuan ini malah memekikkan dukungan kepada bupati.

“Bupati memang oye! Semoga pembagian KIS lancar sampai hari terakhir,” Mimin dengan suara keras. (mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Bupati : Bantulah Tetangga Miskin Dapatkan KIS"