Bupati Canangkan Germas Hidup Sehat

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. mencanangkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di Poltekes Patrang, Kamis (12/4/2018). Beberapa program kesehatan Pemkab Jember bisa disinergikan dengan Germas Hidup Sehat.

Sebanyak 300 peserta hadir dalam acara yang dilaksanakan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang tersebut. Hadir pula Anggota Komisi IX DPR RI Ayub Khan juga hadir untuk memberikan sambutan dan pengarahan.

Ketua panitia penyelenggara Jupriono M.Kes menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan program nawacita ke-5 Presiden Joko Widodo, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

“Kegiatan yang diimplementasikan untuk program germas hidup sehat di lingkungan Kementerian Kesehatan dalam bentuk sosialisasi Germas Hidup Sehat,” jelasnya.

Beberapa kegiatan untuk mendukung Germas Hiduo Sehat ini diantaranya senam bersama, pelepasan tujuh merpati sebagai simbol pesan germas, dan dilanjutkan penandatanganan pencanangan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Jember oleh Bupati Faida.

Pembantu Direktur III Surachmindari SST, M.Pd menyampaikan, keluarga besar Poltekes Kemenkes Malang sangat mendukung dan ikut berpartisipasi pada kegiatan Germas ini.

Wujud dukungan itu dengan menggelar kegiatan fisik, makan buah dan sayur. “Dan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan bersama masyarakat,” ujarnya.

Bupati Faida dalam sambutannya menyampaikan beberapan program kesehatan Bupati yang dapat bersinergi dengan program Germas.

Kebijakan Bupati dalam mewujudkan program germas bisa dilaksanakan bersama dalam program meningkatkan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan perilaku hidup sehat, serta peningkatan aktivitas fisik.

Beberapa program diantaranya edukasi hidup sehat, yaitu penyuluhan di salah satu pondok pesantren di Jember, an ngantor di pondok pesantran pada kegiatan program KIS untuk masyarakat.

Bersama anggota DPR RI komisi IX, Pemkab Jember dan Poltekes bersinergi sebagai suatu upaya melaksanakan intruksi Presiden tentang gerakan masyarakat hidup sehat. “Apalah artinya kita membangun bangsa ini apabila masyarakatnya tidak sehat,” Bupati Faida.

Dukungan kepada program ini dengan berbagi tugas menyosialisasikan agar program ini dikenal dan diketahui masyarakat hingga bisa terselenggara dengan baik.

Indikator keberhasilan Germas ini dapat dilihat dari perubahan pola hidup masyarakat, teratasinya penyakit-penyakit menular atau tidak menular, terutama angka pasien TB yang seharusnya dapat teratasi.

Indikator lainnya, Germas Hidup Sehat menjadi pola hidup masyarakat dengan setiap hari mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta gerak badan setiap hari.

Dalam sosialisasi ini juga Bupati Faida meminta tokoh masyarakat untuk menjadi penggerak masyarakat untuk hidup sehat. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Bupati Canangkan Germas Hidup Sehat"