Bupati dan Dandim Bertemu BPIP

No comment 376 views

Gelar Sarasehan dan Diskusi Pemahaman Pancasila

Jakarta – Bupati Jember Faida dan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Arif Munawar bertemu dengan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Kantor Sekretaris Kabinet di Jakarta. Pertemuan tersebut membahas persiapan Sarasehan dan Diskusi Bersama Kepala BPIP dengan tema Penguatan Bela Negara Melalui Pemahaman Pancasila. Acara tersebut merupakan inisiasi Pemkab dan Kodim Jember sinerg dengan BPIP dalam upaya menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala BPIP Prof Yudi Latif usai bertemu Bupati dan Kodim Jember menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi yang luar biasa atas digelarnya acara sarasehan tersebut. Rencananya Sarasehan Pancasila akan digelar pada 12 Maret di Aula Sudirman Pemkab Jember.

“Ini merupakan inisiatif yang luar biasa dari Pemkab dan Kodim Jember. Ambil inisiatif tumbuhnya Pancasila dari masyarakat. Seperti kata Bung Karno, Pancasila itu memang kan digali dari bawah, dari rakyat Indonesia.

Pancasila seperti pohon, maka perlu dirawat dipupuk dan dikembangkan, ditanam di kaki-kaki rakyat paling bawah. BPIP ini kan belum memiliki struktur sampai tingkat kabupaten, maka ini baik sekali acara Pemkab dan Kodim Jember untuk merawat Pancasila hingga akar rumput di republik ini,” terang Prof Yudi Latif.

Sejumlah narasumber sarasehan antara lain Prof Yudi Latif, Frans Magnis Suseno, Prof Widodo Eka Tjahyana, Machfud MD, serta Bupati dan Dandim akan membuka acara tersebut.

Prof Yudi Latif menambahkan, kalau ingin Pancasila dijadikan arus utama, maka harus bisa bekerjasama dengan pemerintah tingkat kabupaten. “Jadi sepakat mengawal republik ini dengan Pancasila. Karena Pancasila dari kita, oleh kita, untuk kita. Kita sepakat sekali Pancasila terus didiskusikan diberbagai pemangku kepentingan. Lebih baik lagi melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, guru-guru, Babinsa dan seluruh elemen masyarakat,” terang cendekiawan muda muslim ini. Menurutnya, Pancasila yang rohnya gotong-royong, ada pancaran ketauladanan, ini harus diviralkan agar menjadi teladan bagi kabupaten yang lain. “Insyaallah kami akan hadir pada acara itu di Jember,” ujarnya.

Sementara Dandim 0824 Jember Letkol Arif Munawar mengatakan,  pihaknya senang acara sarasehan itu akan melibatkan banyak pihak agar masyarakat bisa memahami dan mengamalkan Pancasila secara baik. “Jadi Pancasila bisa menjadi dasar hukum kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kodim Jember akan menghadirkan para Babinsa berjumlah sekitar 250 orang lebih serta para Danramil untuk ikut diskusi tentang Pancasila tersebut,” kata Letkol Arif Munawar.

Sedangkan Bupati Jember Faida menyampaikan, acara sarasehan Pancasila akan menghadirkan narasumber langsung dari Kepala BPIP beserta tim narasumber lainnya. “Para audien yang akan hadir antara lain guru-guru PPKN, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, tutor satu sekolah satu TNI, termasuk para takmir masjid agar komunikasi tentang pemahaman Pancasila ini bisa dilaksanakan dengan baik. Acara ini juga komitmen warga Jember tentang bela negara,” tandas Bupati Faida. (*)

No Response

Leave a reply "Bupati dan Dandim Bertemu BPIP"