Jember Kota Pandhalungan

Bupati dan Kantor Pertanahan Bagikan Sertipikat Kepada UMKM Secara Gratis

Pagi tadi, Rabu (1/6/2016) bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Kantor Pertanahan Jember bersama Bupati Jember membagikan ribuan sertipikat tanah untuk masyarakat pemohon.

“Penyelesaian sertipikat memakan waktu sekitar 5 bulan dan hasilnya sekarang kita serahkan sebanyak 1250 sertifikat, UMKM 150, redistribusi 100 orang, BMN(barang milik negara) 10 bidang tanah, dan lainnya,” jelas Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jember, Djoko Susanto, SH., dalam acara Sosialisasi PP No. 24 tahun 1997, penyerahan sertipikat legalisasi aset T.A 2016 dan bantuan kredit UMKM BRI (Akses Reform) Kabupaten Jember, di Pendapa Wahya Wibawa Graha.

Kantor Pertanahan Jember menyelenggarakan acara tersebut bertujuan guna memberikan kepastian pemahaman tentang hukum dan kepastian tanah kepada masyarakat. Apalagi pelayanan tersebut tidak dipungut biaya atau gratis.

Pada kesempatan yang sama Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., memberikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan atas di gelarnya acara tersebut. Karen cukup membantu masyarakat dan menjamin masyarakat pelayanan pertanahan cepat dan murah.

“Penyerahan sertipikat kepada masyarakat, pertama kalinya di berikan kepada masyarakat dan bertempat di pendapa, karena biasanya penyerahan sertipikat di kecamatan. Ini menunjukkan bahwa pendapa sekarang bukan hanya milik pemerintahan jember tetapi juga dimiliki oleh masyarakat jember,” tuturnya dihadapan ribuan audien yang hadir.

Penyerahan sertipikat secara simbolis dilakukan oleh Bupati Jember kepada Ibu Ulfa dari Desa Balung dengan bantuan program jenis UMKM dan bantuan kredit BRI sejumlah Rp. 50 juta dan kepada Ibu Fitriatun Hasanah dari desa Biting Arjasa, dengan jenis program prona dan bantuan kredit BRI Rp. 25 juta.

Bupati Faida berharap agar apa yang diberikan, bisa disimpan dengan sebaik-baiknya jika suatu saat di butuhkan dapat di jaminkan ke instansi terkait khususnya ke BRI.

Sementara itu Kepala Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, A. Zaenal Abidin menegaskan untuk wilayahnya ada 50 sertipikat yang diserahkan. “Ada 50 sertipikat yang diserahkan, secara gratis dan pengurusannya sekitar 5 bulanan, saya mewakili warga menyampaikan banyak terimakasih kepada Kantor Pertanahan dan Bupati Faida yang telah membantu masyarakat melalui program ini,” ujarnya.

Sosialisasi ini juga di ikuti oleh masyarakat secara langsung yang datang ke pendapa dari beberapa desa desa, diantaranya desa Arjasa, Biting, Karangsono, Sumberlesung, Jenggwah, Rowotantu dan berbagai desa lainnya. Sementara dari unsur pimpinan dan pejabat, nampak hadir Kepala cabang BRI, kepala SKPD, Camat, dan kepala desa serta sekitar 1000 audiens. (Zikin, Mutia)

No Response

Leave a reply "Bupati dan Kantor Pertanahan Bagikan Sertipikat Kepada UMKM Secara Gratis"