Jember Kota Pandhalungan

Bupati dan Kemensos Luncurkan e-warong

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., bersama Dirjen Penanganan Fakir Miskin Dr. Ir. Andi ZA Dulung, MCM, MSc., dan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Dr. Ir. Hari Hikmat MSi., beserta segenap jajaran Forkopimda menghadiri gelar acara Peluncuran Layanan e-Warong KUBE-PKH Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) dan Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan, di Desa Tegal Gusi Kecamatan Mayang Minggu siang (13/11/2016).

Usai memberikan sambutan selamat datang kepada Dirjen beserta rombongan yang turut meresmikan dua e-warong pertama di Kabupaten Jember, Bupati Faida menyampaikan bahwa program bagus tersebut datang dan mendapat dukungan penuh dari Presiden RI bersama dengan Kementrian Sosial RI. Dimana berguna membantu masyarakat dengan keuangan yang kurang beruntung untuk meningkatkan perekonomian yang lebih baik.

“Dengan sinergisitas bersama ini maka penerima bantuan tidak hanya menerima bantuan melainkan juga turut mengentas kemiskinan di Negara Republik Indonesia.” Tuturnya.

Maka pihaknya meminta kepada penerima e-warong untuk tetap menjalankan e-warong, jangan sampai minggu depan ada laporan bahwa e-warong sudah tutup. Apalagi kegiatan ini telah sesuai dengan 22 janji kerja Bupati Jember dan Wakil Bupati Jember yang di antaranya yaitu warung rakyat berjaringan. Dengan ini Bupati Faida berterimakasih kepada Presiden RI, Kementrian Sosial RI, Dirjen, Direktur dan Bulog, BNI serta seluruh pihak yang berjuang bersama dalam pengentasan kemiskinan.

“Selamat datang di Kabupaten Jember kota suwar-suwir yang akan melaporkan bahwa Kota Jember adalah Kota paling cepat dalam mengantas kemiskinan.” Imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Penanganan Fakir Miskin Pedesaan, Naziarto menyampaikan pelaksanaan e-warong di Jember ini adalah e-warong yang ke 94 yang di resmikan oleh Kementrian Sosial dimana hari ini telah di resmikan dua e-warong sekaligus di Kabupaten Jember. Di harapkan e-warong dapat menjadi motivasi bagi pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk menambah e-warong yang telah di targetkan kurang lebih sebanyak 12 e-warong.

Di sisi lain, Pimpinan BNI Kantor Wilayah Malang, Yessy Kurnia menjelaskan bahwa BNI bekerjasama dengan pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial. Dan BNI beserta bank negara lainnya telah membuat kartu combo sebagai tabungan juga sebagai penyaluran bantuan sosial baik program dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Sehingga penerima bantuan sosial dapat mengambil dana bantuan melalui agen dari BNI yang akan terletak di desa-desa Kabupaten Jember.

Hal senada disampaikan oleh Dirjen Penanganan Fakir Miskin dr. Andi Za Dulung dalam sambutannya yaitu dimana penyaluran bantuan ini menggunakan sebuah kartu untuk mempermudah masyarakat untuk mengambil dana penyaluran tanpa harus pergi ke kantor pos, pelaksanaan penyuluhan menggunakan kartu ialah perintah dari Presiden RI dengan adanya e-warong yang kecil dan sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa dengan mempermudah dalam mengendalikan penggunaan penyuluhan dana.

Dengan secepatnya segenap warga akan mendapatkan kartu tersebut yang hanya dapat di gunakan di e-warong dengan belanja bahan pokok tanpa harus membawa uang tunai melainkan cukup membawa kartu tersebut. Dengan ini Dirjen berpesan untuk segenap penerima PKH tidak terlena dengan ini maka segenap penerima PKH di minta untuk terus berkembang dengan usaha dan potensi hingga dapat memiliki gaji tetap dan keluar dari PKH sebagai bentuk bergantian dengan penerima penyuluhan yang belum masuk PKH. “Mari bahu-membahu dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia.” Ujarnya. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Bupati dan Kemensos Luncurkan e-warong"