Bupati dan Wabup Lepas Jamaah Calon Haji 2017

Do’a bersama dan pelepasan Jama’ah  Calon Haji Kabupaten Jember Tahun 2017 di Balai Serba Guna (BSG) GOR Kaliwates dihadiri langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., dan Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief.

Kehadiran Bupati dan Wabup juga disertai dengan kehadiran jajaran Forkopimda Kabupaten Jember, ulama, tokoh masyarakat.

Dihadapan seluruh jamaah calon Haji Kabupaten Jember, Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Jember selaku kepala staf penyelenggara haji 2017 Drs H. Fathorrozi, MHi., menyampaikan jumlah calon jamaah haji Kabupaten Jember Pada tahun ini sebanyak 2316 orang. Jumlah sebanyak itu, menjadikan Jember pada urutan kedua terbesar di Provinsi Jatim.

Sementara itu, calon jamaah haji yang gagal berangkat karena sakit, meninggal dunia sebanyak 12 orang. Untuk kecamatan terbanyak yang mempunyai calon jamaah haji diatas 100 jamaah ada 7 kecamatan. Antara lain, Kaliwates, Sumbersari, Sukowono, Bangsalsari, Balung, Patrang dan Puger.

Untuktingkat pendidikan terbanyak dari lulusan Sekolah Dasar 1.117 orang, SLTP 309 orang, SLTA 404 orang, S1 372 orang, D1 – D3 54 orang dan S2- S3  3 orang serta Lain-lain 12 orang. Sedangkan jika berdasarkan jenis perkerjaan jumlah calon jamaah haji dari petani/nelayan 749 orang, swasta 569 orang, ibu rumah tangga 363 orang,  pedagang 488 orang, pensiun 39 orang, pelajar dari mahasiswa 31 orang, BUMN/BUMD 24 orang, PNS 13 orang, dan TNI/POLRI 13 orang.

Pada tahun ini untuk jamaah calon haji tertua di Kabupaten Jember dengan usia 89 tahun dari Sumberan, dan termuda umur 18 tahun dari Sukowono.

“Berharap jamaah haji Indonesia khususnya dari Kabupaten Jember menjadi haji yang kelak akan membawa nama baik Kabupaten Jember,” ujarnya.

Secarakhusus Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., berpesan ketika menjalankan ibadah haji tolong menolong satu sama lain, karena tidak ada perbedaan jamaah haji, dan mampu berkonsentrasi dengan ibadahnya.

“Jaga hati kita, letakkan segala macam kesombongan, bermaafan, rendahkan hati, karena belum tentu ada kesempatan kembali,” tutur Bupati Jember.

Cita-cita dan rencana dalam program pembangunan di Kabupaten Jember untuk di Jember bisa menjadi jembatannya embarkasi antara umroh dan haji.

Yakindengan doa dan usaha dibukakan jalan untuk cita-cita mulia tersebut.

Sambutan dan kehadiran Bupati pada agenda akbar tersebut sekaligus menandai secara resmi jamaah calon haji Kabupaten Jember tahun 2017 diberangkatkan.

Jamaahjuga dibekali alat-alat kesehatan dan dipandu langsung oleh Bupati cara mencuci tangan yg benar. (Mutia, Izza)

No Response

Comments are closed.