Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bupati dan Wabup Sidak Pilkades, Pastikan Lancar dan Aman

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., dan Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief bersama tim pemantau Pilkades (Pemilihan Kepala Desa)dari Polres, dan Kodim, seharian tadi, Kamis (8/12/2016), melakukanp emantauan langsung Pilkades di beberapa desa. Bupati dan Wabup tidakb ersamaan ketika melakukan pantauan. Bupati dan rombongan memantau

Pilkades di wilayah selatan dan barat Jember, sedangkan Wabup di wilayah lainnya. Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas, menjadi salah satu desa yang dikunjungi oleh Bupati Faida. Di desa tersebut terdapat 4 calon Kepala Desa (Kades), diantaranya Binajah, Muhammad Nurul Huda, Alfian Ali Fanani, Khoirul Anam, dengan jumlah pemilih 7500 warga.

Sementara itu di Kades pengganti antar waktu (PAW) di desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas ada 3 calon Kades, Agus Toriq, Angga Arya, Syahuri
dengan 101 warga pemilih.

Didesa lainnya, Sarimulyo, Kecamatan Jombang, juga ada Pilkades yang diikuti oleh 4 calon Kades, Mashudi, Suhartono, Sabar Sutopo, dan Dwi Suhartini, sebagai satu-satunya calon Kaades perempuan di desa tersebut. Sedangkan untuk desa Padomasan Kecamatan Jombang, 3 calon Kades, dan di Desa Tanggul Kulon, dengan 5 calon Kades, dengan pemilih sejumlah 9707 warga.

Bupati Faida menyampaikan prosesnya berjalan dengan tertib. “Pilihan-pilihan ini adalah mekanisme demokrasi, yang perlu dijaga karena ini memilih pemimpin yang dipertahankan adalah proses demokrasinya,” tuturnya.

Bupati menghimbau kepada masyarakat bahwa harus menjaga Pilkades kita aman damai sampai selesai hingga tau mana yang dipilihkan Allah SWT, dan diridhoi Allah SWT. “Siapapun yang menang kita harus sepakat dan dukung karena mereka semua telah melalui mekanisme demokrasi.” Imbuhnya.

Sementara, rombongan lain yang terdiri dari Wabup, meninjau beberapa Desa yaitu Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Jember kemudian di lanjut di Desa Pace Kecamatan Silo Jember dan Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Jember. Dimana dalam kunjungan ke Desa Kalisat Kecamatan Kalisat untuk rapat musyawarah desa, pemilihan Kades pergantian antar waktu tahun 2016, di sambut baik oleh segenap peserta yang hadir yang mana Ketua badan musyawarah desa menyampaikan bahwa peserta yang hadir dengan tambahan dari perwakilan tokoh masyarakat sebanyak 38 orang sehingga di total kurang lebih sebanyak 167 peserta pemilih Desa Kalisat.

Pada saat dikunjungi Wabup, Desa Kalisat Kecamatan Kalisat ini pemilihan Kades belum di langsungkan karena masih ada peserta yang belum datang namun 3 calon kepala Desa sudah bersiap di tempat semenjak kurang lebih jam 7 pagi tadi.

Usai memberi sambutan dan menyampaikan pesan moral, Wabup kemudian lanjut meninjau Pilkades dengan rapat terbuka di Desa Pace Kecamatan Silo. Wabup di temani oleh AKBP Sabilul Alif yang tidak sengaja bertemu dengan Wabup di Desa Kalisat, dalam pelaksaan pilkades dengan dua calon kepala desa yang di kabarkan memiliki hubungan saudara ini di Desa Pace telah berlangsung secara meriah dan mendapat antusias baik dari masyarakat. Wabup dan AKBP Sabilul Alif hanya memastikan bahwa kegiatan berjalan secara aman tertib dan terkendali yang kemudian di lanjutkan meninjau rapat Pilkades di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari dengan lima calon Kades.

“Dalam pelaksanaan pilkades ini terdapat tata tertib yang menggunakan sistim pemungutan suara secara tertutup yaitu dengan mencoblos gambar pada kertas surat suara, yang mana peserta pengisian suara harus mengisi daftar hadir dan tidak boleh meninggalkan musyawarah sebelum acara musyawarah selesai.” Terangnya.

Setelah meninjau pelaksanaan Pilkades, dalam wawancara Wabup menyampaikan terimakasih kepada para camat dan segenap panitia termasuk juga TNI Polri yang telah maksimal bekerjasama dalam keadaan yang kondusif. Wabup Kyai Muqit juga telah berkeliling dengan AKBP Sabilul namun menurut Wabup Kyai Muqit masih ada PR lagi karena setelah penghitungan akan ada yang kalah dan menang maka ini harus di tetapkan kondusifitas keadaan seperti ini yang perlu perhatian dari segenap elemen masyarakat.

Begitu juga dengan AKBP Sabilul menyampaikan bahwa telah di lakukan
satu bulan untuk mengkondusifkan pelaksaan ini dengan melakukan razia-razia juga mengkondusifkan selama seminggu full dalam rangka pengamanan Pilkades. “Seperti yang di ketahui bahwa kerawanan Pilkades lebih rawan dibandingkan dengan Pilkada dan untuk mengantisipasi itu, dilibatkan 700 personil yang di tambah Brimop satu kompi yang diletakkan di tiga titik yaitu Bangsalsari, Tanggul, dan Jombang,” terangnya.

Yang ini juga telah di siapkan tenda di beberapa desa untuk menginap selama 3 hari dan sampai saat tadi AKBP Sabilul bersama Wabup Kyai Muqit meninjau hari H agar kegiatan Pilkades ini betul-betul aman terkendali.

Pelaksaan ini berjalan dengan baik namun ada beberapa yang perlu di garis bawahi ada beberapa hal yang masih di periksa oleh Polisi yaitu di daerah Tanggul Kulon yang melakukan pemaksaan untuk dibeli dengan harga 50 ribu per-orang yang mana kertas suara di masukkan kedalam
mobil yang bukan di siapkan oleh panitia dan ini telah melanggar norma
peraturan yang ada. (Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "Bupati dan Wabup Sidak Pilkades, Pastikan Lancar dan Aman"