Bupati Deklarasikan Jember Menuju Kabupaten Layak Anak

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., mendeklarasikan Kabupaten Jember sebagai kabupaten ramah anak.

Deklarasi dilaksanakan di Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo, Sabtu (23/09/2017), disaksikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. Momen penting ini bertepatan dengan gelar Festival Egrang ke-8 oleh Komunitas Tanoker.

“Deklarasi ini yang penting adalah komitmen. Apabila ada komitmen pemerintah daerah dan melibatkan seluruh elemen masyarakat sudah cukup untuk menjadi inisiasi bagi Kabupaten Jember,” terang Bupati usai deklarasi.

Untuk menjadi kota layak anak, harus memenuhi kreteria-kreteria yang telah ditentukan, seperti tempat layanan anak, pemrograman untuk anak, fasilitas untuk anak, pendidikan, kesehatan, dan pemenuhan hak-hak anak.

Oleh karena itu, imbuh Bupati, program pemerintah mengikuti kriteria-kriteria kabupaten layak anak. “Insya Allah dalam satu-dua tahun ini kita bisa memenuhinya. Ini adalah target kita,” ungkap Bupati perempuan pertama di Jember ini.

Bupati meyakini cita-cita menjadi kabupaten layak anak akan tercapai dengan peran serta masyarakat, aktivis perempuan dan anak, pers, dan elemen masyarakat lainnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Jember dalam mewujudkan kabupaten layak anak.

Perempuan yang akrab dipanggil Mama Yo ini berpesan agar Bupati Faida membentuk desa-desa layak anak, seperti Desa Ledokombo yang membuka ruang kreativitas.

“Dengan membentuk desa-desa layak anak, maka semakin mudah untuk menjadi kabupaten layak anak,” tutur Menteri Yohana.

Deklarasi sebagai kabupaten layak anak ditandai dengan penandatanganan naskah deklarasi kesiapan Kabupaten Jember menuju Kabupaten Layak Anak oleh Bupati Jember dan ditandatangani pula oleh Menteri Yohana.

Atas deklarasi tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan kepada Bupati Jember sebagai kabupaten yang melakukan inisiasi menuju kabupaten layak anak. (*f2/Izza)

No Response

Comments are closed.