Jember Kota Pandhalungan

Bupati :”Development for all, Education for all, Health for all and Everything for all”

“Development for all, Education for all, Health for all and Everything for all,” tutur Bupati Jember, Dr. Hj. Faida, MMR hari ini, Rabu (11/5/2016) di sela-sela kunjungannya di wilayah Kecamatan Tempurejo. Bupati menegaskan bahwa pembangunan tidak hanya untuk orang-orang atau wilayah tertentu saja. Pelayanan kesehatan, kependudukan, fasilitas pendidikan, dan semua program yang bermanfaat bagi rakyat, tidak hanya untuk wilayah dan penduduk tertentu saja.

“Namun, semua itu untuk semua rakyat, semua masyarakat tanpa pandang bulu, semua harus menikmati hasil dari pembangunan, untuk itu, hari ini kita mulai pembangunan dari pinggiran dan daerah terpencil,” tegasnya.

Jadwal Bupati dan rombongan yang diikuti beberapa Kepala SKPD dan jajarannya mulai pagi pukul 06.00 wib hingga 15.00 wib cukup padat.

Bukan di kantornya masing-masing, tetapi dimulai dari agenda kegiatan kerja bakti bersama masyarakat, bergotong royong bersama membenahi berbagai infrastruktur di desa-desa hingga memperindah lingkungan.

Setelah kerja bakti, agenda dilanjutkan dengan berbagi bersama masyarakat yang membutuhkan. Bakti sosial dengan pemberian bantuan sembako, kemudian pelaksanaan pelayanan on the spot, pelayanan KTP/KK/Akta Kelahiran secara cepat dan gratis.

Selanjutnya pemberian pelayanan kesehatan hewan, dan kunjungan ke puskesmas. Sidak dan memantau langsung jalannya pelaksanaan bantuan bedah rumah, dan peresmian jaringan listrik Desa Kota Blater.

Bupati Faida secara langsung menghampiri posyandu kenanga 36 puskesmas tempurejo dan menanyakan perihal posyandu, juga menyatakan bahwa anak-anak harus sehat terutama balita, karena posyandu sangatlah penting.

Hal ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Tempurejo. Nampak masyarakat menyambut Bupati perempuan pertama pilihan rakyat Jember itu dengan sangat ramah dan saling berebut untuk berjabat tangan dan minta foto.

Bupati Faida juga tidak pernah canggung didalam kerumunan masyarakat jelata, dan juga melihat sekaligus terjun langsung pada pelaksanaan kerja bakti masyarakat Curahtakir dan Sanenrejo.

“Kenapa Tempurejo diprioritaskan, karena masyarakatnya yang saling gotong royong, kompak, dan guyup didalam acara ini,” imbuhnya.

Sementara itu berkaitan dengan pembangunan di daerah pinggiran dan terpencil, pihaknya menjelaskan sejumlah program sudah dilakukan dan saat ini dicontohkan dengan adanya pembangunan 30 titik penerangan untuk daerah Andongrejo dan Bandealit. Sedangkan untuk jalan, diterangkan dari Dinas PU Bina Marga untuk Kecamatan Tempurejo tahun ini ada peningkatan jalan dari Pondok Suco ke Curahnongko panjangnya 6.400 m dengan anggaran sekitar Rp. 2,2 milyar.

Kegiatan pagi tadi, Bupati juga didampingi dari unsur perbankan, dari BTN dan BNI yang menyumbangkan sejumlah dana untuk bedah rumah rumah tidak layak huni.

Selain dari perbankan dari pemerintah sendiri sudah melaunching 1.000 rumah yang akan diperbaiki atau renovasi bedah rumah tahun 2016. Yang dikerjakan oleh TNI, termasuk di Tempurejo. Tempurejo mendapat jatah 20 rumah untuk Curahnongko, 10 rumah untuk Sanenrejo.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember,  dr. Bambang Suwartono mengungkapkan pihaknya membawa rancangan merehab puskesmas Tempurejo, puskesmas Curahnongko dengan dana 1 miliyar.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan, Ir Mahfud Afandi, meminta kepada masyarakat untuk mendaftarkan ternaknya yang belum terdaftar. “Setiap ada data 1000 sapi akan menjadi central peternakan rakyat, yang akan membantu melatih peternak-peternak baru dan lama dengan memberikan bantuan anak sapi, pupuk sapi, pakan sapi termasuk kandang,” terangnya.

Bupati juga menegaskan pada kesempatan  yang sama bahwa pelayanan administrasi kependudukan gratis dan bantuan untuk masyarakat yang cacat untuk mendapatkan sambungan tangan, kaki, maupun alat pendengaran yang akan diserahkan langsung dari mentri sosial tanggal 28 Mei 2016. “Sedangkan yang cacat berat akan mendapatkan santunan uang setiap bulan dan juga pendidikan gratis dari tingakt SD sampai SMA,” terangnya. (Mutia)

No Response

Leave a reply "Bupati :”Development for all, Education for all, Health for all and Everything for all”"