Jember Kota Pandhalungan

Bupati Dorong DKJ Bangun Seni Budaya dari Pinggiran

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., mengajak Dewan Kesenian Jember (DKJ) untuk membangun seni budaya dari pinggiran, seiring dengan langkah pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember. Hal ini disampaikan dalam audiensi di ruang lobi bupati, Senin (21/11/2016).

“Penting pengurus di desa-desa karena kita mau membangun dari pinggiran, termasuk membangun seni budaya ini dari pinggiran,” ujar Bupati Faida di depan sejumlah pengurus DKJ.

Lebih jauh Bupati menyatakan, tentu saja pembangunan itu mengarah pada pembangunan sumberdaya manusia seniman yang ada di wilayah pinggiran. Oleh karena itu, bupati berharap ada kepengurusan DKJ hingga tingkat desa.

Menurut Bupati, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) disebutkan pembangunan seni, budaya, kepemudaan, dan olahraga berbasis taman-taman publik. Dengan demikian, Ruang Terbuka Hijau (RTH) nantinya akan bervariasi diantaranya akan ada panggung seni budaya.

Sesuai rencana target akhir RPJMD, taman publik akan dibangun di setiap desa. “Tugas DKJ, bagaimana (para seniman) bisa hidup di lokal itu,” tuturnya. Bupati berharap DKJ berperan sebagai konsultan aktif dalam pembangunan taman publik itu.

Bupati juga menyampaikan agar pengurus DKJ memberikan prioritas dalam kinerja program yang dicanangkan. Serta membuat tolak ukur yang jelas. Selain itu DKJ diharapkan mampu memberikan data potensi seni budaya yang ada di Kabupaten Jember.

Sebelumnya, pengurus DKJ memaparkan rencana kerja untuk lima tahun kedepan. Rencana kerja itu disusun dalam Arah Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Metode Pelaksanaan, Bentuk Kegiatan, dan Kebutuhan DKJ untuk melaksanakan program kerja.

Ketua DKJ Eko Suwargono menjelaskan, arah program kerja DKJ mendasarkan pada RPJMD Kabupaten Jember. Salah satunya adalah penggalian dan pemutakiran data potensi seni budaya untuk dasar pengembangan seni budaya.

Selain itu, DKJ mempunyai arah kinerja untuk meningkatkan kesejahteraan para seniman. “DKP memiliki satu harapan, menggairahkan kegiatan seni budaya dan meningkatkan kesejahteraan seniman,” tutur Eko Suwargono.

Bentuk – bentuk kegiatan yang akan dilakukan oleh DKJ kedepan diantaranya, penelitian dan pengembangan seni budaya, workshop, seminar, sarasehan seni budaya, pegelaran / pertunjukkan seni budaya, eksibisi / pameran, festifal, dan karnaval atau kirab. (*F2)

No Response

Leave a reply "Bupati Dorong DKJ Bangun Seni Budaya dari Pinggiran"