Bupati Faida Ajak Pemuda Raih Kejayaan Bangsa

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, mengajak generasi muda untuk meraih kejayaan bangsa Indonesia seperti cita-cita para pahlawan.

Ajakan itu disampaikan Bupati Faida dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Alun-alun Jember, Jum’at (17/8/2018).

“Marilah kita isi kemerdekaan dengan menjaga persatuan, menjaga NKRI, membangun negeri, membangun bangsa kita, membangun kejayaan seperti yang dicita-citakan oleh para pahlawan kita,” tutur Bupati Faida.

Bupati Faida menegaskan generasi muda yang tinggal melanjutkan hasil perjuangan pahlawan yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan dengan bertaruh nyawa.

Lebih jauh Bupati Faida juga mengajak generasi muda untuk peduli kepada pesta demokrasi. Mengambil peran positif yaitu membangun demokrasi yang sehat.

“Agar pembangunan berjalan dengan lancar, karena kunci pembangunan juga ditentukan oleh politik yang sehat,” ungkap Bupati Faida.

Sebelum upacara, digelar drama kolosal yang dimainkan oleh pelajar SMA Negeri Pakusari dan SMP Negeri 1 Silo yang tergabung dalam Teater Gunung Sepikul.

Teater binaan Kodim 0824 Jember ini menampilkan sosok Burah, seorang petani asal Desa Jatian, Kecamatan Pakusari yang menjadi pahlawan.

Drama dimulai dengan aktifitas petani bercocok tanam warga, kemudian datang Belanda melakukan penjajahan. Sawah para petani dirusak.

Terjadi perlawanan, perang pun terjadi. Banyak petani yang gugur. Namun, perlawanan rakyat yang dipimpin Burah mampu menumpas Belanda. Meski Burah akhirnya juga gugur.

Seorang petani berlari membawa bendera setelah berhasil menumpas Belanda. Ia terus berlari, lalu memberikan bendera itu kepada Bupati Faida.

Kemudian, Bupati Faida bersama Dandim Letkol. Inf. Arif Munawar menyerahkan bendera itu kepada Ponijan, sahabat sekaligus saksi hidup perjuangan Burah. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Bupati Faida Ajak Pemuda Raih Kejayaan Bangsa"