Download Logo HUT RI 72

Bupati Faida Hadiri Launching Radio Pasar RRI

HUT RI 72

RRI Jember, siang tadi, Sabtu (25/2/2017) melaunching Radio Pasar, sekaligus menggelar Dialog Interaktif bersama Narasumber, Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., Tantri Relatmi,S. Sos(Dewan Pengawas LPP RRI), Parni Hadi (Tokoh Pers Nasional), H. Arum Sabil (Tokoh Masyarakat) dengan tema “Meningkatkan Ekonomi Pasar Tradisional” dengan melibatkan Pemkab Jember,Bank BRI, Bulog, Radar Jember, dan Jember 1 tv di halaman kantor RRI Jember.

Acara ini dihadiri juga oleh anggota komisi 1 DPR RI, kepala LPP RRI Denpasar, Surabaya, Pasuruan, dan Petani Pangan Jawa Timur, para akademisi, perwakilan nelayan, forum komunikasi pemerhati .

Radio Pasar adalah Program yang bertujuan untuk memberikan stimulus geliat perekonomian masyarakat melalui pasar tradisional, dan media komunikasi.

Seperti disampaikan Kepala LPP RRI Jember Dra. Ni Made Sri Widari, MM., pasar dianggap sebagai sarana membangun peradaban, pasar memiliki 3 fungsi utama yaitu fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan promosi. Barang dan jasa dari produsen ke konsumen melalui pembentukan harga. Harga pangan sangat berkaitan erat dengan masyarakat secara umum. Stabilitas harga bukan persoalan mudah, berkaitan dengan mekanisme pasar. Perlu dilakukan program yang membantu pemerintah agar memperpendek mata rantai niaga pangan.

Menurutnya, RRI juga mempunyai tugas memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan melalui program siaran. Dengan cara lebih mengoptimalkan acara radio pasar yang bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan seputar produk yang diperjual belikan dipasar dari ketersediaan barang dan kestabilan harga.

Membantu produsen agar bisa menjual langsung produknya kepasar, dan mengendalikan para tengkulak yang memainkan harga produk.

Program acara radio pasar disiarkan melalui program FM 95,4 mz RRI Jember , menjadi salah satu program unggulan, disiarkan senin jumat pukul 09.00-10.00 WITA. Dalam bentuk obrolan santai dan life report oleh reporter RRI dikabupaten Jember, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Dengan menerima informasi pendengar, pedagang produsen dan konsumen yang berkaitan dengan informasi harga dan barang.

Bupati Jember dalam sambutannya menyampaikan bahwa RRI bukan radionya rakyat kalau belum punya acara yang bertemakan pasar. Ide sangat cerdas, sepakat dan cocok kalau dijember dibuat radio pasar.

“Sinergi dengan Pemkab Jember dan RRI Jember perlu ditingkatkan, dengan menemani bupati dan wabup keliling Jember, dalam acara ngantor didesa, ngantor didesa salah satu acaranya adalah kepasar, karena pasar bagian penting proses pembangunan Jember.” Tuturnya.
Melalui RRI bisa didengar diseluruh Indonesia, life di 4 kota. Intinya acara seperti itu sangat berguna untuk masyarakat. Pada acara tersebut juga dilanjutkan dengan penandatanganan Nota kesepahaman/MOU tentang program pasar RRI Jember dengan media cetak dan televisi Jember. (Mutia)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Bupati Faida Hadiri Launching Radio Pasar RRI"