Bupati Faida “Saya Indonesia, Saya Pancasila”

Upacara peringatan hari lahir Pancasila ke-72 dengan petikan slogan “Saya Indonesia, Saya Pancasila” yang dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Jember dipimpin langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR.
Nampak hadir juga Wakil Bupati Jember Drs. KH. Muqit Arief., dan segenap Forkopimda Kabupaten Jember, Senin pagi (01/06/17).

Sambutan Presiden RI pada peringatan Hari Pancasila yang dibacakan oleh Bupati Jember sarat dengan makna. Semua pihak diharapkan berkomitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Harus diingat kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, dan takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan, dan golongan bersatu membentuk Indonesia, itulah kebhineka tunggal ikaan kita.” Tegas Bupati dalam membacakan sambutan Presiden RI.

Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan. Oleh karena itu Presiden mengajak peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila, pemahaman dan pengamalan Pancasila, dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak ada pilihan lain selain kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai Pancasila, tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita menjadikan bangsa Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat dimata internasional.

“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu membahu untuk berbohong royong demi kemajuan Indonesia.” Sambung Bupati Faida masih dalam rangkaian pidatonya.

Ucapan selamat juga disampaikan dengan tegas, “Selamat Hari lahir Pancasila kita Indonesia, kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia dan Saya Pancasila.”

Disampaikan oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., bahwa sudah ada Keputusan Presiden terkair adanya lembaga yang akan melestarikan nilai-nilai Pancasila, Bupati mendukung penuh dan akan mensukseskan program tersebut, juga dengan adanya kader program bela negara, yang diisi dengan materi nilai-nilai Pancasila, dan melengkapkan dengan program Satu TNI Satu sekolah, yang bertugas mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila, agar kembali menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintah.

Dihari lahir Pancasila ini Bupati Jember beserta Wabup mengunjungi Rumah Sakit Dr. Soebandi guna menyerahkan secara langsung sertifikat atas kelahiran bayi yang lahir tepat dihari Pancasila dan berharap bayi yang lahir sebagai anak bangsa, penerus bangsa, dan memiliki jiwa Pancasila. (Mutia/Izza)

No Response

Comments are closed.