Download Logo HUT RI 72

Bupati Faida : Semangat Kebangkitan Tidak Pernah Pudar

HUT RI 72

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-109 tahun 2017 yang mengangkat tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional” berlangsung di alun-alun Jember, Senin pagi (22/5/2017) dengan di hadiri segenap jajaran Forkopompimda dan segenap jajaran OPD terkait serta jajaran kepolisian dan TNI.

Selaku inspektur upacara, Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menyampaikan pesan dari Menteri Kominfo RI bahwa semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar. Semangat bakal terus menggelora pada seluruh generasi, khususnya generasi muda penerus bangsa.

Pada peringatan Kebangkitan Nasional kali ini, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Pemerataan pembangunan antar wilayah di wujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka Negara Kesatuan.

Untuk itu Presiden meminta kepada aparat penyelenggara Negara bekerja keras menurunkan indeks kebijakan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk melalui dengan langkah multidimensi. Bagi kita dalam mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial, menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bagunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi berbagai kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia.

Bagi kita kebangkitan nasional hanya akan berarti jika tidak ada walau hanya satu anak bangsa yang tercecer dari gerbong kebangkitan tersebut. Berlatar belakang pemikiran tersebut maka kiranya tema pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud Nasional yang menjadi skema peringatan hari kebangkitan nasional tahun 2017 ini. Hal tersebut tidak hanya tertanam di hati namun juga segera terwujudkan melalui strategi, kebijakan dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses pemerataan pembangunan di segala sektor, di sektor kelistrikan misalnya yang mana pembangunan tenaga kelistrikan telah di lakukan di 2500 Desa yang belum mendapat aliran listrik pada saat yang sama kebijakan pemerataan di lakukan subsidi listrik yang di fokuskan kepada masyarakat menengah kebawah.

Pemerintah juga memandang bahwa pembangunan infrastruktur di perlukan untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan meningkatkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk juga salah satunya infrastruktur jalan raya dalam bidang agraria juga telah di luncurkan pemerataan ekonomi.

Melalui program reforma agraria Pemerintah mengalokasikan kepemilikan lahan pora dan pemberian legalitas akses perhutanan sosial kepada masyarakat bawah, Pemerintah juga melakukan upaya pemerataan di sektor kominfo melalui program palaparing berupa proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga keberadaan internet berkecepatan tinggi dapat dinikmati secara luas.

1 abad lebih sejak organisasi Boedi Oetomo di gagas dalam mewujudkan dimensi baru dalam nuansa sosial budaya seluruh umat manusia, perubahan besar telah terjadi. “Dengan inovasi digital mungkin kita di hadapkan pada kejutan-kejutan dan tata cara baru dalam berhimpun dan berkreasi sebagian menguatkan, namun tatkala juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa. Namun satu hal yang pasti kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa di tengah gempuran lawan-lawan yang bias jadi makin tak kasat mata.” Tutur Bupati dalam sambutannya.

Justru karena itulah kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial. Hanya dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orangpun tercecer dalam gerbong pembangunan maka kesatuan Republik Indonesia ini akan tetap jaya.

Pada kesempatan ini di serahkan beberapa penghargaan kepada siswa dan para guru terhadap prestasinya baik secara lokal, regional maupun internasional. Pemberian ini juga dikarenakan pada kesempatan hari Pendidikan Nasional yang lalu, penerima penghargaan tidak bisa hadir karena mengikuti ujian. (Izza, Mutia)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.